Efektifitas Teknik Permainan Bisik-Berantai pada Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Kelas X.12 MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Mustika Aslam Baiq, 2303407012 (2012) Efektifitas Teknik Permainan Bisik-Berantai pada Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Kelas X.12 MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Baiq, Mustika Aslam. 2012. “Efektifitas Teknik Permainan Bisik-Berantai pada Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Kelas X.12 MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Zukhaira S.S., M.Pd., dan Pembimbing II: Retno Purnama Irawati S.S., M.A. Kata kunci: keterampilan menyimak, bahasa Arab, teknik permainan bisik-berantai. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas X.12 MAN 1 Semarang masih perlu ditingkatkan. Pemilihan metode dan teknik yang masih tradisional dan kurang memacu motivasi siswa untuk menyimak perlu diperbaharui. Faktor lain juga datang dari siswa itu sendiri. Minat siswa untuk mengikuti pembelajaran menyimak bahasa Arab cenderung masih rendah, serta terbatasnya pengetahuan dan pengalaman sebagian siswa dalam menyimak bahasa Arab menyebabkan minimnya minat tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.12 MAN 1 Semarang yang berjumlah 26 siswa, dalam kelas terdiri dari 22 siswi dan empat siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menyimak bahasa Arab dan variabel teknik permainan bisik-berantai. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 60,03 dalam kategori belum tuntas untuk mencapai nilai standar ketuntasan 72. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan menyimak bahasa Arab meningkat menjadi 77,72 dan sudah termasuk kategori baik. Selain itu, hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menyimak bahasa Arab dengan teknik permainan bisik-berantai telah dilaksanakan dengan baik sehingga efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas X.12 MAN 1 Semarang dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa Arab menggunakan metode atau teknik yang variatif seperti pembelajaran menyimak bahasa Arab dengan teknik permainan bisik-berantai. Penerapan metode atau teknik tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti bidang bahasa Arab disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menyimak bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak, bahasa Arab, teknik permainan bisik-berantai
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 May 2012 22:32
Last Modified: 09 May 2012 22:32

Actions (login required)

View Item