Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Kliping Berita Media Cetak Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Gemuh Kabupaten Kendal


Akhmad Rizakul Anam , 2101407048 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Kliping Berita Media Cetak Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Gemuh Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Kliping Berita Media Cetak Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Gemuh Kabupaten Kendal]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Kliping Berita Media Cetak Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Gemuh Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (373kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis, keterampilan menulis paragraf persuasi siswa kelas XA SMA Negeri 1 Gemuh masih rendah . Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis paragraf persuasi prasiklus kebanyakan masih di bawah 68, hanya 11 siswa yang mendapat nilai di atas batas standar ketuntasan minimal. Padahal standar ketuntasan minimal untuk kompetensi dasar tersebut adalah 68. Dengan demikian kelas XA masih belum mencapai nilai batas minimum yang ditentukan. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik untuk mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Upaya yang dilakukan peneliti adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf persuasi melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan media kliping berita media cetak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasi; 2) bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa kelas XA SMA Negeri I Gemuh; dan 3) bagaimanakah minat siswa kelas XA SMA Negeri I Gemuh setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media kliping berita media cetak. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Gemuh yang berjumlah 36 siswa. Variabel yang terdapat dalam penelitian adalah 1) menulis paragraf persuasi, dan 2) model pembelajaran berbasis masalah dengan media kliping berita media cetak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa tes keterampilan menulis paragraf dan instrumen nontes dalam bentuk observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi foto. Kemudian data yang didapat dianalisis secara kualitatif untuk data nontes maupun kuantitatif untuk data tes. Hasil penelitian mengindikasikan terdapat peningkatan pada keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas XA SMA Negeri I Gemuh. Persentase ketuntasan siswa dalam menulis paragraf persuasi pada prasiklus hanya mencapai 69% dan masih kurang dari standar ketuntasan yang ditetapkan, yaitu sebesar 85%. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 78%. Hal ini juga masih kurang dari batas ketuntasan yang ditentukan. Pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 89% dan sudah memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan. Selain itu perilaku dan minat siswa pun meningkat menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil peneltian yang telah dipaparkan, peneliti memberikan saran sebagai berikut 1) bagi guru bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan model pembelajarn berbasis masalah dengan media kliping berita dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf persuasi, 2) bagi siswa, sebaiknya aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis paragraf persuasi, dan 3) bagi peneliti, sebaiknya ada penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan model yang lain untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf persuasi, model pembelajaran berbasis masalah dengan media kliping berita media cetak
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2012 08:37
Last Modified: 08 May 2012 08:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item