Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Penerapan Teknik Tutorial dengan Media Film Pendek pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang, Kabupaten Cilacap.


Pajar Purnomo , 2101407046 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Penerapan Teknik Tutorial dengan Media Film Pendek pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang, Kabupaten Cilacap. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Penerapan Teknik Tutorial dengan Media Film Pendek pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang, Kabupaten Cilacap.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Penerapan Teknik Tutorial dengan Media Film Pendek pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang, Kabupaten Cilacap.) - Published Version
Download (53kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan, salah satu permasalahan dalam keterampilan menulis yang ditemukan pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang adalah rendahnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa adalah 57. Nilai tersebut masih di bawah KKM yaitu di bawah 65 sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi, yaitu dengan menggunakan teknik tutorial dan pemanfaatan media film pendek. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi, setelah digunakan teknik tutorial dengan media film pendek pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang ?, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang setelah digunakan teknik tutorial dengan media film pendek ?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi, setelah digunakan teknik tutorial dengan media film pendek pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang setelah digunakan teknik tutorial dengan media film pendek. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Majenang. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis argumentasi dan variabel penerapan teknik tutorial dengan media film pendek. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk uraian berupa tes menulis argumentasi, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa sebelum diberi tindakan, yaitu sebesar 56,97 dan berada dalam kategori kurang. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 17,12 atau 30,05% menjadi sebesar 74,09 dan berada dalam kategori cukup. Nilai rata rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan menulis argumentasi meningkat sebesar 6,91 atau 9,22% menjadi sebesar 81 dan berada dalam kategori baik. Selain itu, hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah Siswa memiliki keterbukaan yang baik dengan guru, siswa sudah tekun belajar menulis paragraf argumentasi, siswa rajin dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf argumentasi, siswa memiliki tenggang rasa yang tinggi dengan sesama teman dan guru, siswa disiplin dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf argumentasi, siswa memiliki sikap hormat dengan guru, siswa menepati janjinya dengan mengumpulkan tugas tepat waktu, siswa juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pembelajaran, semuanya serius ketika mendengarkan penjelasan dari guru dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar seorang guru hendaknya mampu memilih teknik dan media yang tepat, inovatif, kreatif sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Teknik tutorial dengan media film pendek dapat dijadikan oleh guru sebagai alternatif untuk pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Bagi siswa sebaiknya aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis paragraf argumentasi. Bagi peneliti sebaiknya ada penelitian lanjutan tentang keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan model yang lain untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis paragraf argumentasi, teknik tutorial, media film pendek.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2012 08:34
Last Modified: 08 May 2012 08:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11885

Actions (login required)

View Item View Item