Peningkatan Keterampilan Menulis Poster Bertemakan Pelestarian Lingkungan Alam melalui Media Fotonovela pada Siswa Kelas VIIIH SMP Negeri 1 Mejobo, Kudus.


Nurul Hidayah Sunarkan , 2101407017 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Poster Bertemakan Pelestarian Lingkungan Alam melalui Media Fotonovela pada Siswa Kelas VIIIH SMP Negeri 1 Mejobo, Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Poster Bertemakan Pelestarian Lingkungan Alam melalui Media Fotonovela pada Siswa Kelas VIIIH SMP Negeri 1 Mejobo, Kudus.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Poster Bertemakan Pelestarian Lingkungan Alam melalui Media Fotonovela pada Siswa Kelas VIIIH SMP Negeri 1 Mejobo, Kudus.) - Published Version
Download (516kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan, salah satu permasalahan dalam keterampilan menulis yang ditemukan pada siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Mejobo, Kudus adalah rendahnya keterampilan siswa dalam menulis poster. Rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa adalah 66. Nilai tersebut masih di bawah KKM yaitu dibawah 73 sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis poster. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis poster dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu siswa tidak terbiasa dilatih menulis, siswa masih kesulitan dalam menuliskan kalimat persuasif, siswa belum kreatif dalam menggambar, rendahnya kepedulian siswa terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Selain itu, belum digunakannya media yang variatif dalam pembelajaran menulis poster. Salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis yaitu dengan menggunakan media fotonovela. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah tanggapan siswa, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis poster siswa, dan (3) bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Mejobo, Kudus setelah mendapatkan pembelajaran menulis poster bertemakan pelestarian lingkungan alam melalui media fotonovela. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tanggapan siswa, (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa, dan (3) mengetahui perubahan tingkah laku siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Mejobo Kudus setelah mendapatkan pembelajaran menulis poster bertemakan pelestarian lingkungan alam melalui media fotonovela. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Mejobo, Kudus yang berjumlah 34 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian adalah keterampilan menulis poster melalui media fotonovela. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan menulis poster pada siswa kelas VIIIH SMP Negeri I Mejobo, Kudus. Persentase ketuntasan siswa dalam menulis poster pada siklus I mencapai 24%. Hal ini masih kurang dari batas ketuntasan yang ditentukan. Pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 94% dan sudah memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan. Selain itu, perilaku dan minat siswa pun meningkat menjadi lebih baik. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis poster dan mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti memberikan saran, yaitu (1) bagi guru bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan media fotonovela dalam pembelajaran keterampilan menulis poster, (2) bagi siswa, sebaiknya aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis poster, dan (3) bagi peneliti, sebaiknya ada penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan media yang lain untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis poster, media fotonovela.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2012 08:29
Last Modified: 08 May 2012 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item