Penggunaan Media Gambar Dalam Pmbelajaran Kosakata Bahasa Asing Anak Di TK Handayani VII Randudongkal.


Trisnawati, Nina., 1601908044 (2012) Penggunaan Media Gambar Dalam Pmbelajaran Kosakata Bahasa Asing Anak Di TK Handayani VII Randudongkal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Media Gambar Dalam Pmbelajaran Kosakata Bahasa Asing Anak Di TK Handayani VII Randudongkal.]
Preview
PDF (Penggunaan Media Gambar Dalam Pmbelajaran Kosakata Bahasa Asing Anak Di TK Handayani VII Randudongkal.) - Published Version
Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak di taman kanak-kanak Handayani VII Randudongkal dalam pembelajaran kosakata bahasa asing dengan menggunakan media gambar. Hasil kemampuan kosakata bahasa asing anak kelompok B2 TK Handayani VII Randudongkal masih relatif rendah, berdasarkan pengamatan kosakata bahasa asing anak dari permasalahan tersebut maka peneliti mempunyai gagasan untuk melakukan penelitan tindakan kelas dengan menggunakan media gambar di TK Handayani VII Randudongkal dalam pembelajaran kosakata bahasa asing anak. Penelitian tindakan kelas ini dilakuakn di TK Handayani VII Kecamatan Randudongkal Kabupaen Pemalang pada tanggal 8 Agustus- 21 Agustus 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian indakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Pengambilan data kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah keberhasilan memahami kosakata bahasa asing anak 80%. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I diperoleh keaktifan anak saat kegiatan diskusi (kerjasama) 86%, dalam kefasihan berbicara 53%, kemampuan kosakata 66% memahami makna kata dalam gambar 40%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu keaktifan anak saat kegiatan diskusi(kerjasama)93%, dalam kefasihan berbicara80%, kemampuan kosakata 86%, memahami makna kata dalam gambar 86%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa asing bagi anak di TK Handayani VII Randudongkal Dapat meningkatkan kosakata bahasa asing anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan media gambar dalam pembelajaran kosakatan bahasa asing agar anak lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Pembelajaran Kosakata Bahasa Asing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2012 07:07
Last Modified: 08 May 2012 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item