Bentuk-Bentuk Hambatan Penyesuaian Sosial Awal Memasuki Sekolah Dasar Pada SDN Randugunting 6 Kota Tegal.
Dina Anggraeni., 1601908038 (2011) Bentuk-Bentuk Hambatan Penyesuaian Sosial Awal Memasuki Sekolah Dasar Pada SDN Randugunting 6 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Bentuk-Bentuk Hambatan Penyesuaian Sosial Awal Memasuki Sekolah Dasar Pada SDN Randugunting 6 Kota Tegal.)
- Published Version
Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penyesuaian sosial anak pada awal memasuki Sekolah Dasar merupakan salah satu faktor yang penting dalam perkembangan sosial anak usia awal Sekolah Dasar dimana anak dituntut harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Adapun bentuk-bentuk hambatan penyesuaian sosial anak pada awal memasuki Sekolah Dasar merupakan salah satu permasalahan yang harus diperhatikan oleh seorang pendidik kelas awal Sekolah Dasar. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama antara guru dengan orang tua dalam mengatasi anak yang memiliki hambatan penyesuaian sosial. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk hambatan penyesuaian sosial pada awal memasuki Sekolah Dasar serta mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penyesuaian sosial anak pada awal memasuki Sekolah Dasar. Rancangan dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah rancangan jenis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Randugunting 06 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data di mulai dengan menelaah seluruh data dari berbagai sumber, pemeriksaan keabsahan data, penafsiran data menjadi menjadi teori substansif dengan menggunakan metode tertentu. Dari hasil penelitian yang telah diamati terlihat bentuk-bantuk hambatan penyesuaian sosial anak pada awal memasuki Sekolah Dasar seperti anak pemalu, anak yang rendah diri, anak yang egois serta anak yang kurang mandiri. Selanjutnya faktor-faktor yang menghambat penyesuaian sosial seperti pola asuh orang tua serta faktor lain keturunan. Berdasarkan simpulan dan hasil penelitian, disarankan penyesuaian sosial anak sangat ditentukan oleh peran serta orang tua dalam membimbing dan mengarahkan hal yang lebih baik, untuk itu perlu kesadaran orang tua dalam membimbing anak Di dalam lingkungan sekolah, peran guru sangatlah vital dalam memediatori/menjembatani persoalan penyesuaian anak, sehingga guru harus meilliki pengetahuan yang lebih dalam hal tumbuh kembangnya anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bentuk-Bentuk Hambatan Penyesuaian Sosial. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 08 May 2012 07:03 |
Last Modified: | 08 May 2012 07:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11877 |
Actions (login required)
View Item |