Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Semarang)

Walid Adhy Nugraha, 7250407107 (2012) Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Adhy Nugraha, Walid. 2012. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Semarang). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1. Drs. Sukardi Ihsan, M.Si. Pembimbing 2. Muhammad Khafid, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Sistem informasi akuntansi, isi sistem, akurasi sistem, format sistem, ketepatan waktu, kinerja karyawan. Kinerja karyawan merupakan hasil kerja baik kualitas maupun kuantitas yang dicapai seorang karyawan dalam rangka menyelesaikan tugas pekerjaan yang ditetapkan oleh perusahaan melalui pemanfaatan sistem informasi akuntansi perbankan. Data observasi awal menunjukkan bahwa kinerja karyawan belum mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya isi sistem, akurasi sistem, format sistem dan ketepatan waktu sistem. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adalah pengaruh positif isi sistem, akurasi sistem, format sistem dan ketepatan waktu sistem terhadap kinerja karyawan pada BPR di Kota Semarang baik secara simultan maupun parsial. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh positif antara isi sistem, akurasi sistem, format sistem dan ketepatan waktu sistem terhadap kinerja karyawan pada BPR di Kota Semarang baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dari penelitian ini adalah semua Bank Perkreditan Rakyat di Kota Semarang, sebanyak 28 BPR. Total sampel penelitian adalah 112 karyawan bagian akuntansi, diambil melalui teknik sensus. Data yang digunakan berupa data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian regresi linier berganda menunjukkan secara simultan keempat variabel mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi sebesar 62,1%. Pengaruh secara parsial, isi sistem sebesar 58,6%, akurasi sistem sebesar 35,8%, format sistem sebesar 46,5%, ketepatan waktu sebesar 37,6%. Dengan rumus regresi, Y = 21,858 + 0,617X1 + 0,293X2 + 0,510X3 + 0,329X4. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh positif isi sistem, akurasi sistem, format sistem dan ketepatan waktu sistem, baik secara parsial maupun simultan. Saran untuk karyawan pada BPR untuk menggunakan output sistem informasi akuntnasi yang ringkas. Karyawan hendaknya mampu memanfaatkan fungsi-fungsi sistem dengan maksimal. Untuk perusahaan perbankan hendaknya mampu memanfaatkan fungsi-fungsi sistem informasi akuntansi yang terhubung dengan departmen lain. BPR juga hendaknya menggunakan sistem informasi yang selalu up to date, sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penyampaian laporan antar departmen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, isi sistem, akurasi sistem, format sistem, ketepatan waktu, kinerja karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 23:49
Last Modified: 07 May 2012 23:49

Actions (login required)

View Item