Penerapan Balanced Scorecard sebagai Metode Pengukuran Kinerja pada RSUD Kabupaten Kendal

Provita Citra Intani, 7250407093 (2012) Penerapan Balanced Scorecard sebagai Metode Pengukuran Kinerja pada RSUD Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Citra Intani, Provita. 2012. Penerapan Balanced Scorecard sebagai Metode Pengukuran Kinerja pada RSUD Kabupaten Kendal. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Drs. Kusmuriyanto, M.Si, Indah Fajarini SW, SE. M. Si, Akt Kata Kunci: Pengukuran kinerja dan Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja merupakan suatu faktor penting suatu perusahaan. Pengukuran kinerja digunakan untuk melakukan penyusunan strategi-strategi bisnis yang cocok dan dapat dijadikan sebagai dasar sistem pengembalian. Masalah yang akan di uraikan tentang, Bagaimana kinerja RSUD Kabupaten Kendal dilihat dari perspektif keuangan, Bagaimana kinerja RSUD Kabupaten Kendal dilihat dari perspektif pelanggan, Bagaimana kinerja RSUD Kabupaten Kendal dilihat dari perspektif proses internal bisnis, Bagaimana kinerja RSUD Kabupaten Kendal dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk kepentingan jangka pendek dan tidak meraperhitungkan harta-harta tak nampak yang sangat berpengaruh terhadap kepentingan jangka panjang. Kekurangan tersebut mendukung terciptanya suatu metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non keuangan yang dikenal dengan istilah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard pengukuran kinerja dengan empat perspektif yaitu: Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Internal Bisnis, serta Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Mengapa RSUD Kabupaten Kendal sebagai obyek penelitian karena RSUD merupakan suatu instansi milik daerah yang memiliki peran besar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling, dimana penentuan jumlah sampel dari elemen populasi, datanya mudah diperoleh yaitu dengan subyek yang tidak terbatas. Metode pengujian instrumen penelitian yang digunakan yaitu pengujian validitas dan reliabilitas. Metode analisis data, penulis menggunakan metode kualitatif (untuk analisis tidak dengan angka) dan metode kuantitatif (untuk analisis menggunakan angka). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa: untuk perspektif keuangan, RSUD Kabupaten Kendal menghasilkan kinerja yang secara umum dapat dikatakan baik karena rasio ekonomis menurun selama tahun 2009-2011, yaitu 95,22%; 89,36%; 89,74% dan rasio efektivitas diatas 10%. Perspektif pelanggan RSUD Kabupaten Kendal menghasilkan kinerja yang cukup baik, karena angka kepuasan pasien mencapai 55%, tingkat retensi selalu meningkat yaitu 54,90%; 60,33%; 59,72%. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, RSUD Kabupaten Kendal menunjukkan hasil yang sudah baik karena selama empat tahun berturut-turut tingkat produktivitas karyawan mengalami peningkatan mulai tahun 2009, 2010, 2011 sebesar Rp. 1.152.106.122, Rp. 1.657.910.309 dan Rp. 1.692.193.305. Peningkatan ini didukung adanya tingkat kepuasan karyawan yang mencapai angka 51%. Retensi karyawan, baik karena karyawan keluar bukan karena pengunduran diri tetapi karena pensiun. RSUD Kabupaten Kendal harus mempertahankan pencapaian. Angka kepuasan karyawan harus semakin ditingkatkan guna terciptanya profesionalisme kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran kinerja dan Balanced Scorecard
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 23:47
Last Modified: 07 May 2012 23:47

Actions (login required)

View Item