Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sendiri Kabupaten Pati


Nhur Wendhah Pramukti, 7250406615 (2012) Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sendiri Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sendiri Kabupaten Pati] Microsoft Word (Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sendiri Kabupaten Pati) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Nhur Wendhah Pramukti. 2012. “Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Sendiri Kabupaten Pati”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Tarsis Tarmudji, MM. II. Trisni Suryarini, SE, M.Si.Akt. Kata kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan PADS Pendapatan Asli Daerah Sendiri adalah sumber penerimaan daerah yang digali dari dalam wilayah yang bersangkutan. Besarnya penerimaan daerah akan menjadi tolok ukur kinerja pemerintah dalam menghadapi sistem desentralisasi dan kesejahteraan masyarakat dengan kontraprestasi yang akan diperoleh. Oleh karena itu dalam penelitian ini, permasalahan yang diangkat adalah seberapa besar pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh pajak dan retribusi terhadap pendapatan asli daerah sendiri kabupaten Pati. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penerimaan Pendapatan Asli Daerah Sendiri kabupaten Pati. Data yang diambil adalah data time series dari tahun 2008 - 2010, diperoleh data sebanyak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi yaitu mengambil data penerimaan Pendapatan Asli Daerah Sendiri (PADS) di Dinas pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah kabupaten Pati . Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pajak daerah dan retribusi daerah berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Sendiri (PADS) kabupaten Pati baik secara parsial yaitu sebesar 21,3% untuk pajak daerah dan 47,3% untuk retribusi daerah,maupun secara simultan yaitu sebesar 50%. Pengaruh pajak dan retribusi yang cukup dominan dalam mendukung pendapatan asli daerah sendiri membuat pemerintah perlu untuk terus menggali dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki agar kesejahteraan masyarakat kian meningkat. Kesimpualn dari penelitian ini adalah penambahan pajak dan retribusi akan menambah pendapatan asli daerah sendiri. Penerimaan dari pajak dan retribusi memiliki arti penting untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga pengelolaannya perlu untuk terus dijaga dan ditingkatkan agar memperoleh hasil yang maksimum. Saran untuk pemerintah kabupaten Pati, dalam perhitungan target sebaiknya jangan hanya menggunakan perhitungan 5% dari penerimaan, tetapi juga memperhatikan perhitungan secara matematis dengan menggunakan analisis trend.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan PADS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 03:33
Last Modified: 08 May 2012 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item