Persepsi Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bergas Tahun 2010/2011.

Isna Bud Setiawan, 7101407248 (2011) Persepsi Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bergas Tahun 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Setiawan, Isna Budi. 2011. Pengaruh Persepsi Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi BelajarEkonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bergas Tahun 2010/2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Asrori M.S. Pembimbing II. Maylia Pramonosari, SE, M.Si, Akt. Kata Kunci: Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi, Persepsi Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar. Prestasi belajar merupakan penilaian terhadap hasil belajar seorang siswa dalam rangka untuk mengetahui keberhasilan anak didik dalam mencapai tujuan belajar. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa prestasi akuntansi yang diperoleh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bergas tergolong rendah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bergas tahun 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bergas tahun 2010/2011 sebanyak 150 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang ditentukan dengan teknik propotional random sampling atau cara pengambilan sampelnya diambil secara acak dari populasi. Metode pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis inferensial. Hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi. Hasil perhitungan besarnya pengaruh secara simultan persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 54,3%. Secara parsial besarnya pengaruh persepsi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 31,2%, sedangkan besarnya pengaruh motivasi belajar sebesar 36,2%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh positif antara persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bergas tahun 2010/2011 baik secara simultan maupun parsial. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar, siswa harus lebih meningkatkan motivasi belajarnya. Bagi guru hendaknya dapat memotivasi siswa dengan menjadi fasilitator bagi siswa agar mereka sadar bahwa mereka tumbuh dalam persaingan dan keunggulan. Sekolah hendaknya lebih meningkatkan dan memperbaharui penyediaan sarana pendukung belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi, Persepsi Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 23:07
Last Modified: 07 May 2012 23:07

Actions (login required)

View Item