Pengaruh Manajerial Koperasi, Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Kota Pekalongan

Bella, Mahasin (2012) Pengaruh Manajerial Koperasi, Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Kota Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Mahasin, Bella. 2012. “Pengaruh Manajerial Koperasi, Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Kota Pekalongan”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi.Universitas Negeri Semarang.Pembimbing I.Dr.Widiyanto,MBA,M.M II.Dr.Sucihatiningsih DWP, M.Si. Kata kunci: manajerial koperasi, kualitas produk, pelayanan, loyalitas anggota Perkembangan koperasi dapat terlihat dari partisipasi aktif anggota terutama diwujudkan dengan loyalitas terhadap koperasi. Kospin Jasa Kota Pekalongan adalah salah satu koperasi simpan pinjam yang cukup besar dan selalu memperhatikan para anggotanya. Dari data observasi awal yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa loyalitas anggota adalah masih cukup rendah jika mengacu pada penurunan jumlah anggota pada tahun 2010-2011. Permasalahan dalam penelitian ini (1) adakah pengaruh manajerial koperasi, kuaitas produk, pelayanan terhadap loyalitas anggota Kospin Jasa Kota Pekalongan secara simultan maupun parsial (2) seberapa besar pengaruh manajerial koperasi, kualitas produk, dan pelyanan terhadap loyalitas anggota Kospin Jasa Pekalongan secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian sebanyak 464 anggota. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang diambil menggunakan rumus Slovin karena jumlah populasi lebih dari 100, maka diperoleh 82 anggota. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan regresi berganda menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian deskriptif persentase menunjukkan bahwa manajerial koperasi, kualitas produk, dan pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas anggota Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Kota Pekalongan yaitu sebesar 62,9%. Disarankan bagi koperasi untuk lebih transparan dalam kegiatan manajerial yang dilaksanakan, koperasi perlu memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan kepada anggota agar sesuai minat dan kebutuhan. Pihak koperasi perlu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada anggotanya, misalnya lebih ramah dalam memberikan layanan bertransaksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: manajerial koperasi, kualitas produk, pelayanan, loyalitas anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 23:03
Last Modified: 07 May 2012 23:03

Actions (login required)

View Item