Analisis Kepuasan Belajar Siswa Mengenai Mata Diklat Mengatur Penggandaan Dan Pengumpulan Dokumen Pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran Di SMKN 1 Pat

Siti Rohmah, , 7101407231 (2012) Analisis Kepuasan Belajar Siswa Mengenai Mata Diklat Mengatur Penggandaan Dan Pengumpulan Dokumen Pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran Di SMKN 1 Pat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Rohmah, Siti. 2012. Analisis Kepuasan Belajar Siswa Mengenai Mata Diklat Mengatur Penggandaan Dan Pengumpulan Dokumen Pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran Di SMKN 1 Pati. Sarjana Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. H. Achmad Slamet, M.Si Pembimbing II Dr. Ketut Sudarma, MM Kata Kunci: Harapan, Realita, Kepuasan Menurut teori perbedaan (Discrepancy Theory) Locke (1969) Aplikasinya pada pembelajaran siswa terhadap penggandaan dokumen yaitu harapan mempunyai pengaruh memberikan motivasi untuk selanjutnya akan menciptakan kepuasan siswa dalam mempelajari penggandaan dokumen dan memberikan output optimum. Sedangkan Realita menciptakan ketidakpuasan siswa dalam mempelajari penggandaan dokumen dan tentunya output yang tidak diharapkan. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah yang menentukan kepuasan siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 1 Pati dalam mempelajari penggandaan dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor dalam menentukan kepuasan belajar penggandaan dokumen siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 1 Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 1 Pati dengan ukuran populasi 74 siswa. Dikarenakan semua unit populasi dapat terjangkau dan dimungkinkan tidak terjadi kerusakan data, maka penelitian ini menggunakan penelitian survei. Adapun variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Bagaimana menganalisis faktor-faktor yang menentukan kepuasan belajar siswa dalam materi penggandaan dokumen siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 1 Pati. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dan dianalisis dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kepuasan siswa dalam mempelajari penggandaan dokumen mulai dari mengientifikasi peralatan kantor, penjilidan dokumen serta penyimpanan dokumen guna menjaga integritas. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Siswa administrasi perkantoran SMKN 1 Pati merasa puas mengenai cara mengidentifikasi peralatan kantor. Pada umumnya siswa sudah paham mengenai tugas mengidentifikasi peralatan kantor untuk tugas penggandaan dokumen kantor. Selain itu, banyak siswa yang merasa sangat puas dalam melaksanakan identifikasi peralatan kantor dalam tugas penggandaan dokumen kantor. Sehingga sebagian siswa sudah terampil dalam mengidentifikasi peralatan kantor dalam tugas penggandaan dokumen kantor. Namun dalam indikator penggandaan dokumen siswa merasa tidak puas karena kurangnya peralatan dalam penggandaan dokumen tersebut. Siswa administrasi perkantoran SMKN 1 Pati merasa tidak puas mengenai proses penjilidan dokumen kantor. Lebih dari setengah jumlah siswa yang kurang paham mengenai proses penjilidan dokumen sesuai standart kebutuhan. Banyak pula siswa yang belum sempurna dalam tugas penjilidan dokumen sehingga hal ini berpengaruh terhadap ketrampilan siswa dalam melaksanakan proses penjilidan dokumen kantor. Siswa administrasi perkantoran SMKN 1 Pati merasa sangat puas mengenai tugas mengumpulkan dokumen kantor. Sebagian besar siswa menerima untuk menyimpan dokumen asli sesuai dengan standart operasional guna menjaga integritas dokumen. Selain itu banyak pula siswa yang merasa sangat puas dalam tugas menyimpan dokumen asli sesuai standart operasional guna menjaga integritas dokumen. Sehingga hal tersebut secara otomatis memotivasi siswa dalam melaksanakan tugas penyimpanan dokumen, dan hal ini berdampak positif terhadap kertampilan siswa dalam melaksanakan penyimpanan dokumen sesuai standart operasional kerja. Namun siswa cenderung tidak puas dalam penyimpanan dokumen untuk menjaga keamanan karena banyak dokumen yang kurang terjaga dengan baik. Saran yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Pihak sekolah harus senantiasa memberi motivasi terkait dengan kepuasan siswa agar terus bersemangat dalam mengikuti pelajaran dengan cara memberikan masukan kepada mereka tentang betapa pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka khususnya pada mata diklat mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen kantor. Pihak sekolah dapat membuat sistem pembelajaran yang interaktif melalui praktek langsung dalam proses pembelajaran, sehingga dapat terbentuk kepuasan siswa dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan standart operasional. Guru harus dapat memberi motivasi kepada siswa terkait pentingnya pengetahuan mengenai mata pelajaran mengatur penggadaan dan pengumpulan dokumen agar terbentuk rasa puas dalam diri siswa saat menerima pelajaran mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen kantor sehingga akan menciptakan ketrampilan yang optimal dalam melaksanakan pekerjaan mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen kantor. Guru harus memperdalam praktek agar siswa puas dalam proses penjilidan sehingga siswa paham mengenai proses penjilidan dokumen sesuai standart kebutuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Harapan, Realita, Kepuasan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 22:59
Last Modified: 07 May 2012 22:59

Actions (login required)

View Item