Hubungan antara Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mata Diklat Mengimplementasikan Sistem Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blora

Annis Murtisari Hastuti, 7101407154 (2012) Hubungan antara Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mata Diklat Mengimplementasikan Sistem Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hastuti, Annis Murtisari. 2012. Hubungan antara Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mata Diklat Mengimplementasikan Sistem Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blora. Pembimbing I : Dra. Harnanik, M.Si , Pembimbing II : Dra. Murwatiningsih, MM. Kata kunci : Hasil belajar, Kebiasaan Belajar, dan Motivasi Berprestasi. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi. Berdasarkan penelitian awal diperoleh informasi bahwa kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran sudah cukup tinggi. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 7,0. Berdasarkan hal tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata diklat mengimplementasikan sistem kearsipan dan (2) Adakah hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar mata diklat mengimplementasikan sistem kearsipan. Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata diklat mengimplementasikan sistem kearsipan dan (2) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar mata diklat mengimplementasikan sistem kearsipan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blora yang berjumlah 80 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kebiasaan belajar (X1) dan motivasi berprestasi (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus statistik korelasi product moment. Hasil penelitian ini diperoleh adanya hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar sebesar 0,652 dan adanya hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar sebesar 0,63. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blora. Saran dalam penelitian ini : Guru untuk lebih memberikan pengarahan kepada siswa untuk meningkatkan motivasi berprestasi dengan cara lebih bertanggung jawab. Siswa perlu adanya peningkatan kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi dengan lebih memperhatikan dan berkonsentrasi pada saat kegiatan belajar mengajar. Peneliti lebih lanjut untuk menambah variabel lain yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa, diantaranya mengenai variabel-variabel kompetensi guru, bakat, disiplin, lingkungan dan sebagainya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar, Kebiasaan Belajar, dan Motivasi Berprestasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 22:52
Last Modified: 07 May 2012 22:52

Actions (login required)

View Item