Penerapan metode kooperatif tipe jigsaw II dalam meningkatkan hasil belajar bekerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X AP 2 SMK N 1 Bawang kabupaten Banjarnegara

Rizka Fajar Restuningrum, 7101407133 (2012) Penerapan metode kooperatif tipe jigsaw II dalam meningkatkan hasil belajar bekerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X AP 2 SMK N 1 Bawang kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Restuningrum, Rizka Fajar. 2012. ” Penerapan metode kooperatif tipe jigsaw II dalam meningkatkan hasil belajar bekerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X AP 2 SMK N 1 Bawang kabupaten Banjarnegara”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dr. Ketut Sudarma, M.M Drs Wahyono, M.M Kata kunci: Metode kooperatif tipe Jigsaw II, Hasil Belajar. Pendidikan merupakan salah satu faktor kehidupan yang sangat penting bagi terbangunnya sebuah peradaban suatu bangsa. Pendidikan di Indonesia banyak mengalami masalah terutama dalam mutu pendidikan. Dengan demikian cukup beralasan apabila pendidikan harus mendapatkan perhatian yang cukup serius, lebih-lebih bagi kalangan pendidik maupun calon pendidik.Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan prestasi belajar pada Kompetensi Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan siswa kelas X AP2 SMK Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara? Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP 2 SMK N 1 Bawang yang berjumlah 32 siswa.Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II terlihat bahwa presentase ketuntasan belajarmengalami peningkatan. Pada akhir siklus I didapatkan nilai rata-rata sebesar 77,12 % dengan presentase ketuntasan sebesar 76% sedangkan pada siklus II meningkat dengan menjadi 81,51 dan presentase ketuntasa sebesar 85%. Secara garis besar pembalajaran kedua siklus tersebut sudah berjalan lancar, namun diadakan post tes pada pembelajaran siklus I dan siklus II untuk memperkuat kondisi akhir siswa dengan rata-rata nilai 86,81 dan presentase ketuntasan 91%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw II mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan metode dan hasil belajar yang mampu dihasilkan oleh metode kooperatif Jigsaw II. Dan diharapkan dapat memberikan bantuan pengajaran untuk guru pada pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode kooperatif tipe Jigsaw II, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 22:46
Last Modified: 07 May 2012 22:46

Actions (login required)

View Item