Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemampuan Manajerial Pengurus, Motivasi Berkoperasi, dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota KPRI Hesti Utama SETDA Kabupaten Banjarnegara
Triana Yanuar Anjarwati,, 7101407109 (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemampuan Manajerial Pengurus, Motivasi Berkoperasi, dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota KPRI Hesti Utama SETDA Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemampuan Manajerial Pengurus, Motivasi Berkoperasi, dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota KPRI Hesti Utama SETDA Kabupaten Banjarnegara)
- Published Version
Download (25kB) |
Abstract
Anjarwati, Triana Yanuar, 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemampuan Manajerial Pengurus, Motivasi Berkoperasi, dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota KPRI Hesti Utama SETDA Kabupaten Banjarnegara”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof.Dr. Rusdarti, M.Si. II. St. Sunarto, M.S. Kata Kunci : kualitas pelayanan, kemapuan manajerial pengurus, motivasi berkoperasi, citra koperasi, kepuasan anggota. Sesuai tujuan koperasi yaitu koperasi bertujuan menyejahterakan anggota pada khususnya serta masyarakat pada umumnya. Koperasi dalam rangka mencapai tujuan salah satunya dapat dilihat melalui kepuasan anggota, sejauh mana koperasi dapat memenuhi harapan anggota. Pada KPRI Hesti Utama SETDA Kabupaten Banjarnegara dinilai masih kurang karena anggota masih banyak yang belum sepenuhnya menggunakan jasa koperasi untuk memenuhi kebutuhan. Kemampuan manajerial pengurus yang baik akan menciptakan kepuasan anggota yang baik juga. Selain itu, motivasi berkoperasi anggota yang tinggi juga akan menciptakan kepuasan yang tinggi. Citra koperasi sangat diperlukan dalam membangun sebuah koperasi, untuk itu citra koperasi yang baik akan menambah kepuasan anggotanya. Permasalahan dalam penelitian ini (1) bagaimana kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus, motivasi berkoperasi, citra koperasi, dan kepuasan anggota, (2) adakah pengaruh kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus, motivasi berkoperasi, citra koperasi terhadap kepuasan anggota, (3) seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus, motivasi berkoperasi, citra koperasi terhadap kepuasan anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KPRI Hesti Utama SETDA Kabupaten Banjarnegara sejumlah 338 anggota. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster proportional random sampling sehingga diperoleh sampel 70 orang. Ada lima variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu kualitas pelayanan (X1) ,kemampuan manajerial pengurus (X2), motivasi berkoperasi (X3), citra koperasi (X4), dan kepuasan anggota (Y). Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan mengggunakan kuesioner yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Metode ananlisis data menggunakan asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda dengan SPSS versi 16.00 diperoleh persamaaan Y= 3,371+0,278X1+0,259X2+0,237X3+0,240X4. Pengujian secara parsial kepuasan anggota sebesar 9%, kemampuan manajerial pengurus sebesar 12%, motivasi berkoperasi sebesar 11%, dan citra koperasi sebesar 10%. Secara simultan kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus, motivasi berkoperasi, dan citra koperasi terhadap kepuasan anggota berpengaruh sebesar 50,6%,sedangkan 49,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus, motivasi berkoperasi, dan citra koperasi terhadap kepuasan anggota KPRI Hesti Utama SETDA Kabupaten Banjarnegara. Saran yang dapat diberikan yaitu koperasi perlu meningkatkan kualitas pelayanan dengan memaksimalkan kemampuan pengurus dalam melayani anggota, serta menciptakan koperasi yang berhasil di masa berikutnya supaya memacu calon-calon anggota yang akan bergabung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kemapuan manajerial pengurus, motivasi berkoperasi, citra koperasi, kepuasan anggota |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 08 May 2012 02:43 |
Last Modified: | 08 May 2012 02:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11844 |
Actions (login required)
View Item |