Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MA AL-Asror Gunungpati Semarang.

Ardhi Lestiyantono, 7101407074 (2011) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MA AL-Asror Gunungpati Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Lestiyantono, Ardhi. 2011. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MA AL-Asror Gunungpati Semarang. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Pembimbing I Drs. Fachrurrozie, M.Si., Pembimbing II Nanik Sri Utaminigsih, SE, M.Si, Akt. 93 halaman. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Prestasi belajar akuntansi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kompetensi pedagogik guru sebagai faktor ekstrinstik dan motivasi belajar siswa sebagai faktor instrinstik. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (a) apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS MA AL-Asror? (b) apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS MA AL-Asror? (c) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MA AL-Asror?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 75 siswa dan semuanya akan dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Variabel yang digunakan dalam penelitan ini adalah prestasi belajar, kompetensi pedagogik guru, dan motivasi belajar. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumentasi dan metode angket. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kompetensi pedagogik guru menurut persepsi siswa berada dalam kategori cukup dan untuk motivasi belajar sebagian besar dalam kategori cukup. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Simpulan dalam penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik guru menurut persepsi siswa berada dalam kondisi cukup. Motivasi belajar siswa berada dalam kondisi cukup. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Saran yang dapat diberikan adalah guru hendaknya mencoba untuk memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik dengan pembelajaran dilapangan. Siswa hendaknya meningkatkan kemandirian dalam belajar dengan mengerjakan soal akuntansi tanpa mencontek teman. Guru hendaknya dapat memotivasi dan memberikan pemahaman kepada siswa agar dapat mengerjakan soal akuntansi dengan kemampuan sendiri tanpa bergantung teman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 22:39
Last Modified: 07 May 2012 22:39

Actions (login required)

View Item