Pembelajaran Penyusunan Harga Keseimbangan dengan Metode Simulasi melalui Simulasi Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Purbalingga


Ika Setianingsih , 7101407034 (2012) Pembelajaran Penyusunan Harga Keseimbangan dengan Metode Simulasi melalui Simulasi Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Purbalingga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Penyusunan Harga Keseimbangan dengan Metode Simulasi melalui Simulasi Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Purbalingga] Microsoft Word (Pembelajaran Penyusunan Harga Keseimbangan dengan Metode Simulasi melalui Simulasi Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Purbalingga) - Published Version
Download (96kB)

Abstract

Setianingsih, Ika. 2012. Pembelajaran Penyusunan Harga Keseimbangan dengan Metode Simulasi melalui Simulasi Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Purbalingga. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Fachrurrozie, M.Si,. Pembimbing II: Linda Agustina, S.E, M.Si. Kata Kunci: Metode Simulasi, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa. Penggunaan metode pembelajaran yang sama dalam waktu yang lama cenderung membuat siswa merasa jenuh. Terlebih bila materi yang diberikan memerlukan pemahaman non teoritis, hal ini akan mengakibatkan hasil belajar siswa yang rendah, maka dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat mengurangi kejenuhan siswa, salah satunya dengan metode simulasi melalui simulasi game. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat menghasilkan nilai lebih tinggi, dapat menuntaskan nilai dalam pembelajaran pada pokok bahasan penyusunan harga keseimbangan mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Karanganyar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 1 Karanganyar yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, didapat kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan penggunaan metode simulasi melalui simulasi game sedangkan pada kelas kontrol diterapkan metode konvensional. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian perhitungan uji t taraf signifikansi 5% didapatkan = 1,272 dan = 2,033 Oleh karena > , maka Ho ditolak. Hasil akhir rata-rata siswa pada kelas eksperimen 81,46 sedangkan pada kelas kontrol 73,62. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan dibandingkan pada kelas kontrol, dengan prosentase pada pertemuan pertama sebesar 42,86% dan pada pertemuan kedua sebesar 67,86%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode simulasi melalui simulasi game dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat menghasilkan nilai yang lebih tinggi, dan dapat menuntaskan hasil belajar ekonomi pada pokok bahasan penyusunan harga keseimbangan. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode simulasi melalui simulasi game lebih baik daripada siswa yang memdapat pembelajaran dengan metode konvensional. Untuk itu, guru disarankan dapat menerapkan metode simulasi melalui simulasi game pada pokok bahsan penyusunan harga keseimbangan, serta menerapkan pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Simulasi, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 02:35
Last Modified: 08 May 2012 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item