Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Batik Sakti 1 Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012


Siti Nurkhowiyah, 7101407027 (2012) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Batik Sakti 1 Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntan] Microsoft Word (Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntan) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Nurkhowiyah, Siti. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Batik Sakti 1 Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Sukirman, M.Si. II. Rediana Setiyani, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Hasil belajar persamaan dasar akuntansi, Student Team Achievement Division (STAD), Macromedia Flash Hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Batik Sakti 1 Kebumen kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi masih kurang optimal dimana banyak siswa mendapat nilai kurang dari KKM. Hal ini disebabkan siswa merasa jenuh karena dalam pembelajaran guru selalu menggunakan metode ceramah serta kurangnya penggunaan variasi media. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi, penerapan pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash dapat menghasilkan hasil belajar akuntansi lebih tinggi dibanding metode ceramah, penerapan pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash dapat menuntaskan hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Sakti 1 Kebumen tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Batik Sakti 1 Kebumen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test, uji independent sample t test, dan uji one sample t test. Berdasarkan uji tahap akhir, diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians sama. Pengujian menggunakan paired sample t-test diperoleh bahwa pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Pengujian menggunakan independent sample t test diperoleh hasil bahwa hasil belajar akuntansi dengan pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ceramah. Pengujian menggunakan one sample t-test diperoleh hasil bahwa pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash dapat menuntaskan hasil belajar akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Batik Sakti 1 Kebumen. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang disampaikan adalah guru harus mampu mengkondisikan siswa, guru perlu lebih meningkatkan pemantauan siswa selama proses pembelajaran kelompok, dan guru akuntansi SMK Batik Sakti 1 Kebumen hendaknya mengimplementasikan pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash sebagai alternatif dalam mengefektifkan pembelajaran akuntansi khususnya pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar persamaan dasar akuntansi, Student Team Achievement Division (STAD), Macromedia Flash
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 02:27
Last Modified: 08 May 2012 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11841

Actions (login required)

View Item View Item