Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bojong Tahun Ajaran 2011/2012


Agnes Ika Kurniasari, 7101407011 (2012) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bojong Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bojong Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bojong Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Kurniasari, Agnes Ika. 2012. ”Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bojong Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs.Sukirman, M.si. II. Agung Yulianto, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Efektivitas, Model STAD, Macromedia Flash, Hasil Belajar Observasi awal di SMA Negeri 1 Bojong, Kabupaten Pekalongan, diketahui bahwa hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS masih tergolong rendah dengan rata-rata ketidaktuntasan siswa mencapai 55,28% (74 siswa) dari 134 siswa. Pembelajaran akuntansi yang dilakukan guru masih menggunakan metode konvensional tanpa adanya selingan metode maupun media lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa, mampu menghasilkan nilai lebih tinggi, mampu menuntaskan nilai dalam pembelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bojong berjumlah 134 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, didapat kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Pengujian hipotesis (Ha) 1 menggunakan uji paired sample T Test, (Ha) 2 menggunakan uji independent sample T Test dan (Ha) 3 menggunakan uji one sample T Test. Berdasarkan uji tahap akhir, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat dari 56,75 menjadi 80,78. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (80,78) lebih tinggi dibanding post-test kelas kontrol (73,14), dan kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan sebesar 88% di atas standar kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash mampu meningkatkan hasil belajar siswa, mampu menghasilkan nilai lebih tinggi, dan mampu menuntaskan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal umum. Oleh karena itu, guru akuntansi disarankan untuk menerapkan model STAD dan macromedia flash, khususnya dalam pokok bahasan jurnal umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model STAD, Macromedia Flash, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 02:22
Last Modified: 08 May 2012 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11840

Actions (login required)

View Item View Item