Analisis Perbandingan Efektifitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Ceramah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tuntang


Ratna Yuniar, 7101406656 (2010) Analisis Perbandingan Efektifitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Ceramah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tuntang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Perbandingan Efektifitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Ceramah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tuntang] Microsoft Word (Analisis Perbandingan Efektifitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Ceramah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tuntang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Yuniar, Ratna. 2010. “Analisis Perbandingan Efektifitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Ceramah Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tuntang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi .Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Asrori, M.S, Pembimbing II : Maylia Pramono Sari, S.E, M.Si, Akt Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), ceramah, macromedia flash, Hasil belajar Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal jurnal khusus, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Metode pembelajaran TGT dapat mendorong siswa untuk saling membantu memahami materi yang dipelajari, sehingga dengan model TGT diharapkan proses pembelajaran dapat efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah proses pembelajaran berbantuan macromedia flash menggunakan metode TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tuntang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling, terpilih kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis H1 menggunakan uji paired sample T Test, H2 menggunakan uji independent sample T Test Berdasarkan pengujian H1 menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai t hitung =16,600 yang menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara sebelum dan setelah treatment di kelas eksperimen. Sedangkan pengujian H2 menggunakan independent sample t test diperoleh signifikansi 0.000 > 0.005 yang artinya ada perbedaan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode TGT berbantuan macromedia flash lebih efektif dibandingkan ceramah Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan TGT berbantuan macromedia flash mampu meningkatkan hasil belajar dan lebih efektif terhadap hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus kelas XII di SMA Negeri 1 Tuntang dibandingkan dibandingkan ceramah berbantuan macromedia flash. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru akuntansi dapat menggunakan model pembelajaran TGT dan macromedia flash sebagai alternatif dalam memilih strategi pengajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), ceramah, macromedia flash, Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 02:16
Last Modified: 08 May 2012 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11839

Actions (login required)

View Item View Item