Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Program Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 13 Semarang
Rahma Dina Nafiuma, 7101406025 (2012) Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Program Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 13 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Program Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 13 Semarang)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Nafiuma, Rahma Dina. 2012. Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Program Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 13 Semarang. Jurusan Pendidikan ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra. Nanik Suryani, M.Pd, Pembimbing II : Drs. Ade Rustiana, M.Si. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Kompetensi guru akan mengantarkannya menjadi guru profesional yang didambakan oleh anak didik. Untuk menciptakan motivasi belajar siswa yang baik diperlukan fasilitas yang akan menunjang kegiatan belajar semaksimal mungkin. Permasalahan dari penelitian ini adalah: Adakah pengaruh kompetensi profesional guru dalam proses belajar mengajar terhadap motivasi belajar siswa, Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa, Bagaimana pengaruh kompetensi profesional guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa, Seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalis pengaruh kompetensi profesional guru dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa baik secara simultan atau parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 13 Semarang berjumlah 86 siswa yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPS1 berjumlah 29 siswa, kelas X IPS2 berjumlah 28 siswa dan X IPS3 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi presentase, analisis regresi ganda, uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan kompetensi guru dalam kriteria baik dengan rata-rata presentase 68,2% dan failitas belajar dalam keadaan baik dengan rata-rata prentase 69,2%. Berdasarkan regresi linier berganda Y=6.001+0.128X1+0.389X2. hasil uji parsial dengan uji thitung=5,093 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan menerima H1 yang menyatakan “ada pengaruh antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program Ilmu Pengetahuan Sosial”. Hasil uji simultan dengan uji Fhitung=66,082 dengan nilai signifikan dibawah 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima dengan demikian H3 menunjukkan “ada pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program Ilmu Pengetahuan Sosial”. Simpulan dari penelitian ini bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar dalam kriteria baik, ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kompetensi gguru dan penggunaan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa secara simultan ataupun parsial. Alangka baiknya guru membuat variasi dalam belajar agar tidak terjadi kebosanan pada siswa disaat proses belajar mengajar. Diharapkan para siswa juga lebih memperhatikan dan konsentrasi pada saat mata pelajran berlangsung,bersikap aktif dalam bertanya dan tidak membolos. Dan sekolah disarankan agar menambah buku-buku literatur di perpustakan, memperbaiki fasilitas seperti meja kursi yang rusak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 08 May 2012 02:11 |
Last Modified: | 08 May 2012 02:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11838 |
Actions (login required)
View Item |