Tuntutan Orang Tua Terhadap Isi Pendidikan dalam engembangkan Aspek-Aspek Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK se-Kecamatan Tugu


Nurul Cholisa , 1601908003 (2011) Tuntutan Orang Tua Terhadap Isi Pendidikan dalam engembangkan Aspek-Aspek Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK se-Kecamatan Tugu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tuntutan Orang Tua Terhadap Isi Pendidikan dalam Mengembangkan Aspek-Aspek Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK se-Kecamatan Tugu]
Preview
PDF (Tuntutan Orang Tua Terhadap Isi Pendidikan dalam Mengembangkan Aspek-Aspek Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK se-Kecamatan Tugu) - Published Version
Download (73kB) | Preview

Abstract

Guru Taman Kanak-kanak (TK) sebagai pendidik dalam memberikan layanan pendidikan kepada anak berpedoman pada kurikulum PAUD. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya serta tercapainya tujuan dari pendidikan anak usia dini. Dalam melaksanakan tugasnya, guru TK di Kecamatan Tugu menghadapi persoalan. Persoalan tersebut seperti tuntutan orang tua terhadap isi pendidikan. Isi pendidikan yang dimaksud meliputi aspek perkembangan moral, aspek perkembangan sosial, emosional, dan kemandirian, serta kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni. Tuntutan tersebut muncul dikarenakan menurut orang tua atau masyarakat setempat kurikulum atau isi pendidikan yang berasal dari dinas pendidikan pusat belum sesuai dengan harapan mereka. Bagaimana tuntutan orang tua terhadap isi pendidikan tersebut?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tuntutan orang tua terhadap isi pendidikan demi tercapainya tujuan PAUD dan harapan berbagai pihak. Penelitian ini dilakukan terhadap orang tua murid TK se-Kecamatan Tugu. Jumlah populasi sebanyak 145 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 orang ditetapkan secara stratified proportionale random sampling yaitu pengambilan sampel dari setiap strata dilakukan secara acak dengan cara undian. Data dikumpulkan melalui angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap aspek perkembangan baik aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama, aspek perkembangan sosial, emosional dan kemandirian, serta kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni mengalami perubahan isi pendidikan dan juga mengalami penambahan beberapa indikator. Untuk menanggapi perubahan isi pendidikan tersebut saran yang diajukan adalah isi pendidikan yang telah mengalami perubahan tersebut dapat diperhatikan dan dapat dilaksanakan oleh sekolah (TK) sedangkan dinas pendidikan setempat sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran di sekolah sebaiknya memberikan pengawasan yang lebih baik lagi, karena tuntutan ini bersifat baik sesuai dengan kebutuhan lingkungan setempat seperti pada aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama bertujuan melatih kejujuran, meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan bagi anak-anak. Pada aspek perkembangan sosial, emosional dan kemandiria yaitu melatih anak supaya memiliki rasa sosial atau menyayangi sesama, melatih kesabaran dan berjiwa besar untuk menerima keadaan yang ix ix terjadi. Pada aspek perkembangan bahasa yaitu meningkatkan kemampuan komunikasi bagi anak, mengenalkan bahasa daerah pada anak, memberitahu anak cara yang benar dalam menulis. Pada aspek perkembangan kognitif yaitu mengenalkan wujud benda dan tata surya secara sederhana yang ada dalam alam semesta ini. Pada aspek perkembangan fisik motorik yaitu jalan ditempat berenang secara sederhana, bermain bulu tangis secara sederhana, mencium lutut posisi dududk di lantai. Pada aspek perkembangan seni yaitu untuk meningkatkan keterampilan anak dalam kesenian dan dapat memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan sebuah hasil karya seni, serta mengenalkan anak kepada budaya setempat melalui memainkan alat musik tradisional, menyanyikan lagu daerah, dan menari tari daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tuntutan Orangtua, Isi Pendidikan, Pembelajaran Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2012 02:04
Last Modified: 25 Apr 2015 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item