Pengaruh Kehidupan Nelayan, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Anak-anak Nelayan di MAN Lasem.


Luthfi Nur Adriyani, 3301405029 (2011) Pengaruh Kehidupan Nelayan, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Anak-anak Nelayan di MAN Lasem. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kehidupan Nelayan, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Anak-anak Nelayan di MAN Lasem.] Microsoft Word (Pengaruh Kehidupan Nelayan, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Anak-anak Nelayan di MAN Lasem.) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Luthfi Nur Adriyani. 2011. Pengaruh Kehidupan Nelayan, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Anak-anak Nelayan di MAN Lasem. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. 116 Halaman. Kata Kunci: Kehidupan Nelayan, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar. Peningkatan prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor ekstern meliputi: faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pengaruh kehidupan nelayan terhadap prestasi belajar siswa anak-anak nelayan di MAN Lasem, Bagaimanakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa anak-anak nelayan di MAN Lasem, Bagaimanakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa anak-anak nelayan di MAN Lasem, dan bagaimanakah pengaruh kehidupan nelayan, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa anak-anak nelayan di MAN lasem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi adalah seluruh siswa anak-anak nelayan MAN Lasem sejumlah 221 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas X, 32 siswa kelas XI dan 35 siswa kelas XII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik kuesioner. Metode analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dengan menggunakan analisis varians untuk regresi diperoleh Fhitung = 18,319 dengan nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi < level of sifnifikan (0.05) dapat disimpulkan bahwa secara simultan (bersama-sama) kehidupan nelayan, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa anak-anak nelayan di MAN Lasem. Oleh karena itu, hipotesis yang berbunyi ada pengaruh positif kehidupan nelayan, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa anak-anak nelayan di MAN Lasem diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kehidupan nelayan, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa anak-anak nelayan di MAN Lasem. Oleh karena itu keluarga sebagai tempat pendidikan utama anak, setidaknya selalu memberi motivasi kepada anak untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya dan kehidupan nelayan mampu memberi contoh yang baik agar anak-anak bisa memiliki pribadi dan prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kehidupan Nelayan, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 01:12
Last Modified: 08 May 2012 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item