PENGARUH METODE RESITASI DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007


Yenrika Kurniati Rahayu , 4101403507 (2007) PENGARUH METODE RESITASI DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH METODE RESITASI DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007]
Preview
PDF (PENGARUH METODE RESITASI DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2006/2007) - Published Version
Download (798kB) | Preview

Abstract

Anggapan pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang cukup sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu, dalam pelaksanaan proses belajar mengajar diperlukan langkah-langkah sistemativ yaitu salah satunya dengan strategi pembelajaran yang tepat yang akan digunakan guru untuk mengajar. Model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika dan sekaligus dapat meningkatkan keaktifan siswa serta memberikan iklim yang kondusif dalam perkembangan daya nalar dan kreativitas siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal di atas adalah dengan penggunaan strategi pembelajaran Resitasi oleh siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan metode Resitasi dengan menggunakan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa pada pokok bahasan himpunan siswa SMP 13 Semarang kelas VII semester 2? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan pembelajaran dengan metode Resitasi terhadap hasil belajar matematika dibanding dengan menggunakan pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan awal siswa pada pokok bahasan himpunan siswa SMP 13 Semarang kelas VII semester 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 SMP Negeri 13 Semarang tahun pelajaran 2006/2007 yang terdiri dari 7 kelas. Dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII E dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VII G kemudian kelas VII F sebagai kelas ujicoba instrumen. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajarn dengan metode Resitasi, sedang pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran ekspositori. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode dokumen dan tes. vi Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t diperoleh t hitung = 2,04 sedangkan nilai t tabel = 1,989 oleh karena t hitung >t tabel H0 ditolak dan H a diterima. Aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan. Perubahan sikap siswa terhadap pembelajaran dengan metode Resitasi oleh siswa membaik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen lebih memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dibanding dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Kemampuan Awal Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 00:36
Last Modified: 25 Apr 2015 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item