Keefektifan Mendengarkan Musik Rock Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 2 Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2010/2011)


Setia Darmawan, 1550405057 (2011) Keefektifan Mendengarkan Musik Rock Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 2 Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2010/2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Mendengarkan Musik Rock Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 2 Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2010/2011)]
Preview
PDF (Keefektifan Mendengarkan Musik Rock Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 2 Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2010/2011)) - Published Version
Download (61kB) | Preview

Abstract

Pada tahun ajaran 2010/2011 siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri 2 Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas berjumlah 41 siswa. Akan tetapi, hanya empat siswa yang prestasi belajarnya termasuk kategori „Cukup tinggi‟ dan „Tinggi‟ dalam nilai Ujian Akhir Semester mata pelajaran matematika pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif prestasi belajar matematika sebelum dan sesudah pemberian musik rock saat siswa belajar. Penelitian terdahulu membuktikan bahwa siswa yang mendengarkan musik rock hanya membutuhkan sedikit kerja otak untuk mengerjakan tugas dengan baik (Kompasiana : 2011). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika siswa kelas 5 sekolah dasar, disusun berdasarkan kurikulum KTSP, sejumlah 40 item berbentuk pilihan ganda. Jarak waktu antara pretest dan posttest adalah satu bulan, dengan maksud supaya siswa tidak ingat (lupa) mengenai apa yang diukur oleh peneliti. Musik rock digunakan sebagai alat untuk memberikan perlakuan kepada subjek penelitian yang akan diberi perlakuan dengan cara mendengarkan lagu secara bersama-sama saat sedang belajar. Dilakukan selama satu kali, sekitar 40 menit, sebelum posttest. Dalam satu kali perlakuan tersebut diperdengarkan 9 lagu dari 5 grup band rock Indonesia. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa-siswa yang prestasi belajarnya termasuk kategori „Sangat rendah‟ dan „Rendah‟, yang berjumlah 37 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah mendengarkan musik rock saat belajar efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Hasil uji t-test diperoleh nilai mean 53,5135 untuk pretest dan 48,3108 untuk mean posttest. Maka dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar sebelum diperdengarkan musik rock dan sesudah diperdengarkan musik rock saat siswa sedang belajar. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti topik yang sama hendaknya memperhatikan replikasi atau pengulangan memperdengarkan musik rock kepada subjek penelitian dapat ditambah lagi, tidak hanya satu kali perlakuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar matematika, musik rock
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 09:37
Last Modified: 25 Apr 2015 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item