Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Media Kartu Alir (Flow Card) di kelas V SD Negeri Gunungsari Kecamatan Bawang Kabupaten Batang
Andriyanto, Darmawan., 1402908021 (2011) Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Media Kartu Alir (Flow Card) di kelas V SD Negeri Gunungsari Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Media Kartu Alir (Flow Card) di kelas V SD Negeri Gunungsari Kecamatan Bawang Kabupaten Batang)
- Published Version
Download (18kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA pada pendidikan dasar merupakan sarana dalam mengembangkan pemahaman siswa yang bertujuan menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari kehidupan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktvitas siswa SD Negeri Gunungsari Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, dalam pembelajaran IPA salah satunya disebabkan oleh cara mengajar guru belum bervariasi terutama dalam pemanfaatan media sebagai sumber belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah dengan menggunakan Media kartu Alir dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Gunungsari?, (2) apakah dengan menggunakan Media kartu Alir pada pembelajaran IPA keterampilan guru dapat meningkat?, serta (3) apakah dengan menggunakan Media Kartu Alir (Flow Card) dalam pembelajaran IPA hasil belajar siswa kelas V dapat ditingkatkan?. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Media Kartu Alir (Flow Card) dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas siswa kelas V dalan mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan pada manusia di SD Negeri Gunungsari, (2) Meningkatkan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Gunungsari, (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan Media Kartu Alir di SD Negeri Gunungsari Penelitian dilaksanakan di SD N Gunungsari Kecamatan Bawang Kabupaten Batang dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan dan guru. Sumber data diperoleh dari kinerja dan hasil belajar siswa, kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, dan dokumen yang diperoleh dari temuan dan catatan selama pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap siklus I, II, dan III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes tertulis pada setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk aktvitas guru dan siswa. Temuan selama pelaksanaan penelitian dibahas bersama dengan teman sejawat (kolabolator). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil aktivitas siswa meningkat pada tiap siklusnya, siklus I adalah 46% dengan skor 7, pada siklus II 66% dengan skor 10, dan pada siklus III 93% dengan skor14. 2) hasil keterampilan guru mengalami peningkatan, dapat diketahui dari rata-rata hasil keterampilan guru pada siklus I adalah 53% dengan skor 18, pada siklus II 65% dengan skor 21, dan pada siklus III 91% dengan skor 29. 3) hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata pada siklus I 64, siklus II 69, dan siklus III 74. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui Media Kartu Alir (Flow Card) aktivitas siswa, guru dan hasil belajar kelas V SDN Gunungsari dalam pembelajaran IPA meningkat. Saran bagi guru sebaiknya dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPA disarankan menggunakan Media Kartu Alir (Flow Card) agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktvitas Belajar, Hasil Belajar Siswa, Media Kartu Alir (Flow Card) |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 May 2012 08:52 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11804 |
Actions (login required)
View Item |