Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa Dengan Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas V SD Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan Semarang


Nurhayati Astuti, 1402907245 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa Dengan Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas V SD Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa Dengan Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas V SD Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Huruf Jawa Dengan Metode Iqro’ Pada Siswa Kelas V SD Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan Semarang) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari proses pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas V SD Wonosari 03 yang masih kurang mampu dalam membaca huruf Jawa. Hal itu dibuktikan dengan hasil tes ulangan harian mata pelajaran bahasa Jawa dengan pokok bahasan membaca aksara Jawa menunjukkan nilai rata-rata 3,6 Kekurangmampuan siswa sebagian besar terletak pada ketidakpahamannya terhadap kode/simbol/bentuk hurufnya,dan proses pembelajarannya kurang bervariasi. Salah satu metode yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca huruf jawa adalah metode iqro’. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah metode Iqro’ dapat meningkatkan keterampilan membaca huruf Jawa pada siswa kelas V SD Wonosari 03 Ngaliyan Semarang? (2) Apakah metode Iqro’ dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran membaca huruf Jawa pada siswa kelas V SD Wonosari 03 Ngaliyan Semarang? (3) Apakah metode Iqro’ dapat meningkatkan keterampilan guru dalam proses pembelajaran membaca huruf Jawa pada siswa kelas V SD Wonosari 03 Ngaliyan Semarang? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas, tes dan dokumentasi. Hasil tindakan yang dilakukan dalam penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatannya setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Setelah dilakukan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Metode iqro’ dalam proses pembelajaran membaca huruf Jawa dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca huruf Jawa,yaitu dengan ratarata 65,5% dan tingkat ketuntasan 58,3% pada siklus Imeningkat dengan rata-rata 72,2% dan tingkat ketuntasan 66,7% pada siklus II, dan mencapai rata-rata 85,0% dengan tingkat ketuntasan 87,5% pada siklus III (2) Metode iqro’ dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran membaca huruf Jawa, yaitu rata-rata kelas 57,8% pada siklus I meningkat menjadi 67,8% pada siklus II, dan mencapai 81,8% pada siklus III (3) Metode iqro’ dapat meningkatkan keterampilan guru dalam proses pembelajaran membaca huruf Jawa pada siswa kelas V SD Wonosari 03 Ngaliyan Semarang, yaitu rata-rata 56 pada siklus I meningkat menjadi 68 pada siklus II, dan mencapai rata-rata 88 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Membaca, Huruf Jawa, Metode Iqro’.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 08:40
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11800

Actions (login required)

View Item View Item