Peningkatan Pemahaman Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin Warna Pada Siswa Kelas IV SD PL Bernardus Semarang


Fitriani,Anastasia, 1402907240 (2011) Peningkatan Pemahaman Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin Warna Pada Siswa Kelas IV SD PL Bernardus Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Pemahaman Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin Warna Pada Siswa Kelas IV SD PL Bernardus Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Pemahaman Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin Warna Pada Siswa Kelas IV SD PL Bernardus Semarang) - Published Version
Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh matematika kelas IV di SD Pangudi Luhur Bernardus 04 Semarang siswa pada semester gasal 40% siswa kurang menguasai materi. dilihat dari nilai ketuntasan hasil belajar siswa masih dibawah KKM 70 hanya berkisar 40% dari seluruh jumlah siswa. Khususnya pada materi bilangan bulat kesulitan yang dialami siswa banyak terkait dengan kesulitan siswa dalam membedakan bilangan negatif dan positif dalam sistem bilangan bulat, hal ini dikarenakan pembelajaran yang selama ini dilakukan masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan cara ceramah, tanya jawab dan hanya menggunakan media papan tulis, oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran seperti koin warna untuk mempermudah sisa memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran matematika materi bilangan bulat menggunakan media koin di kelas IV SD PL Bernardus Semarang Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas, tes dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan semakin meningkatnya nilai guru berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, dan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada kategori baik dan baik sekali yang mencapai 80 %. (2) aktivitas siswa pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat menggunakan media koin warna di kelas IV SD PL Bernardus Semarang pada siklus I cukup baik dan pada siklus II sudah mencapai prosentase 85% artinya pada kategori baik sekali sesuai indikator. (3) Peningkatan hasil belajar di kelas IV SD PL Bernardus Semarang materi bilangan bulat menggunakan media koin warna dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar siswa tiap siklusnya dimana pada pra siklus ada 21 siswa atau 38% mengalami kenaikan pada siklus I yaitu ada 24 siswa atau 75% dan pada siklus II ada 29 siswa atau 91%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan pembelajaran bilangan bulat dengan menggunakan koin warna dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat, Koin Warna
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 08:35
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11799

Actions (login required)

View Item View Item