Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SDN Candirejo 01 Batang.


Heny Akramah, 1402907201 (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SDN Candirejo 01 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SDN Candirejo 01 Batang.]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SDN Candirejo 01 Batang.) - Published Version
Download (57MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam di SD bertujuan untuk menyiapkan peserta didik agar berguna bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan sekitar, serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya seiring dengan kemajuan IPTEK. Penelitian dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDN Candirejo 01 pada materi cahaya dan sifat-sifatnya yang disebabkan guru kurang kreatif dan inovatif dalam mengelola pembelajaran seperti kurang memberikan tournament dan penghargaan. Rumusan masalah yang muncul adalah (1) Apakah dengan pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Apakah dengan pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dan (3) Apakah dengan pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, (2) meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, melalui pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Pemecahan masalah yang penulis pilih adalah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournament yaitu pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi siswa untuk belajar dengan teknik tournament antar kelompok berbasis akademik. Penelitian dilaksanakan di SDN Candirejo 01 Batang, dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan tes berupa tes tertulis. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournament, dapat : (1) meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V SDN Candirejo 01. Terbukti hasil keterampilan guru pada siklus I (62%), pada siklus II (73%), dan pada siklus III (87%) (2) meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dapat dilihat pada siklus I (60%), pada siklus II (83%), dan pada siklus III (89%) dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, diketahui nilai rata-rata ulangan terjadi peningkatan pada siklus I (63), siklus II (68), dan siklus III (72), persentase ketuntasan belajar mencapai 90%. Simpulan yang dihasilkan adalah dengan pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V SDN Candirejo 01. Saran bagi guru, sebaiknya mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe Teams Games Tournament agar lebih memacu siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 08:30
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11797

Actions (login required)

View Item View Item