Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Permainan Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pendirikan Utara 01 Kota Semarang.


Budi Murni., 1402907159 (2010) Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Permainan Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pendirikan Utara 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Permainan Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pendirikan Utara 01 Kota Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Permainan Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pendirikan Utara 01 Kota Semarang.) - Published Version
Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang hasil pembelajaran matematika pada Sekolah Dasar umumnya rendah. Dikarenakan sulitnya menanamkan pemahaman dalam pembelajaran Matematika. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar dalam pemahaman soal penjumlahan dan pengurangan melalui Permainan Kartu Bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas 1 SDN Pendirikan Utara 01 Kota Semarang. Tujuan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas, selanjutnya memberi tes hasil belajar, serta mengobservasi dan refleksi hasil yang diperoleh. Manfaat penelitian ini untuk menambah wawasan baru tentang metode presentase belajar dan meningkatkan prestasi hasil belajar, bagi guru memperoleh umpan balik dalam rangka perbaikan kinerja, dan bagi sekolah memberi sumbangan positif terhadap kemajuan sekolah. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah observasi, partisipasi, dokumentasi, dan hasil evaluasi. Hasil penelitian mencakup 3 (tiga) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 (satu) pertemuan. Setiap proses pembelajaran siswa selalu dipandu dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) sedangkan pada akhir pembelajaran selalu diadakan evaluasi. Hasil penilaian LKS (bobot 1) dan tes akhir (bobot 2) selanjutnya dibagi 2 menjadi nilai matematika. Hasil tersebut selanjutnya dibandingkan dengan hasil belajar sebelum menerapkan pendekatan metode permainan kartu bilangan. Simpulan yang diperoleh dari Penelitian Tindakan Kelas adalah: (1) dapat meningkatan prestasi belajar siswa, sebelum menggunakan metode permainan kartu bilangan adalah 63,33. Setelah menggunakan pendekatan metode permainan kartu bilangan rerata siklus I (72,26), siklus II (78,21), dan siklus III (83,93), dan (2) dapat mengoptimalkan aktivitas guru dan siswa. Aktivitas siswa semakin meningkat, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat optimal. Hal ini dikarenakan siswa semakin terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Begitu pula aktivitas guru juga semakin meningkat dengan mampu menerapkan perannya sebagai: motivator, fasilitator, penanya, administrator, pengarah, manajer, dan rewarder yang baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Metode Permainan Kartu Bilangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 08:15
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item