Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VI SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang.


G.J Samodra, 1402407174 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VI SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VI SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VI SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang.) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA di SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang belum berjalan optimal. Model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional sehingga pembelajaran menjadi pasif. Hal tersebut menyebabkan materi yang disampaikan guru kurang optimal sehingga hasil belajar yang masih rendah yaitu 65,21 % atau 30 siswa belum tuntas KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA?. Pembelajaran melalui pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Tujuan khusus penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA melalui pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VI SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI yang berjumlah 45 terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan, keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Rerata keterampilan guru meningkat dari 3,00 yang termasuk dalam kriteria aktif (Siklus I) menjadi 3,12 dengan kriteria aktif (Siklus II) dan menjadi 3,37 dengan kriteria sangat aktif (Siklus III). Rerata aktivitas siswa meningkat dari 3,37 dengan criteria sangat aktif (Siklus I) menjadi 3,41 dengan sangat aktif (Siklus II) dan menjadi 3,67 dengan kriteria sangat aktif (Siklus III). Siswa yang tuntas hasil belajarnya meningkat dari 68,88% (Siklus I) menjadi 80% (Siklus II) dan menjadi 86,66% (Siklus III). Simpulan penelitian ini adalah pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Togther dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya dalam pembelajaran IPA guru menerapkan pendekatan yang dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar yaitu pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, pendekatan kooperatif Numbered Heads Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 07:19
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item