Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Kecamatan Semarang Barat dengan pendekatan PAKEM.

Sari, Praditya Eza Yusita., 1402407142 (2011) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Kecamatan Semarang Barat dengan pendekatan PAKEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Kecamatan Semarang Barat dengan pendekatan PAKEM.) - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada Sepetember 2010, bahwa pembelajaran matematika belum optimal, karena guru kurang menggunakan pendekatan yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa kurang mampu untuk memahami dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berimbas pada prestasi belajar siswa rendah. Maka peneliti mengkaji melalui penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas IV B SD N Tawang Mas 01 kecamatan semarang barat dengan pendekatan PAKEM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Meningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAKEM. 2) Meningkatan keaktifan siswa kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Kecamatan Semarang Barat dalam pelajaran matematika. 3) Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV B SDN Tawang Mas 01 Kecamatan Semarang Barat dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD N Tawang Mas 01 Kecamatan Semarang Barat kelas IV B dengan jumlah siswa 38 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki, 22 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I pertemuan 1 perolehan skor keterampilan guru adalah 19 dengan kategori cukup, pada siklus I pertemuan 2 menjadi 22 dengan kriteria baik. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh skor 24 dengan kriteria baik kemudian pada siklus II pertemuan 2 menjadi 28 dengan kriteria baik, 2) Pada siklus I pertemuan 1 rata-rata perolehan skor keaktifan siswa adalah 8,4 dengan kategori cukup, pada siklus I pertemuan 2 rata-rata perolehan skor keaktofan siswa meningkat menjadi 9,6 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 1 rata-rata perolehan skor keaktifan siswa adalah 10,4 dengan kategori baik, pada siklus II pertemuan 2 rata-rata perolehan skor keaktifan siswa meningkat menjadi 11,3 dengan kategori baik, 3) Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 57,9% (22 dari 38 siswa) dengan nilai rata-rata kelas adalah 70 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,9% (30 dari 38 siswa) dengan nilai rata-rata 74,2. Sebaran nilai pada siklus I dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 100, sedangkan siklus II sebaran nilai berkisar dari nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan keterampilan guru, keaktifan siswa, dan prestasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, PAKEM.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 07 May 2012 00:04
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:28

    Actions (login required)

    View Item