Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Bangun RuangmelaluiStrategi Pembelajaran PERSIK pada siswaKelas VA SDN Karangayu 02 Semarang Barat.


Wardana, M. Yusuf Setia., 1402407128 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Bangun RuangmelaluiStrategi Pembelajaran PERSIK pada siswaKelas VA SDN Karangayu 02 Semarang Barat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Bangun RuangmelaluiStrategi Pembelajaran PERSIK pada siswaKelas VA SDN Karangayu 02 Semarang Barat.]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Bangun RuangmelaluiStrategi Pembelajaran PERSIK pada siswaKelas VA SDN Karangayu 02 Semarang Barat.) - Published Version
Download (13kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal yang dilaksanakan menunjukkan bahwa guru masih kurang tepat dalam menerapkan metode pembelajaran dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 7,9% dengan KKM 60. Melalui strategi pembelajaran PERSIK diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.PERSIK memiliki beberapa keunggulan yaitu siswa bisa bermain sambil belajar, sehingga bisa membuat siswa senang, bersemangat dan tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian kali ini adalahmeningkatkan akvitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran PERSIK, meningkatan ketrampilan guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran PERSIK, meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN karangayu 02 dalam materi mata pelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan di SDN Karangayu 02. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan 6 siswa kelas 5A SDN karangayu 02, yang di ambil dari 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa kemampuan rendah, dan 2 siswa kemampuan sedang. Tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran melibatkan semua siswa kelas V SDN Karangayu 02. . Variabel penelitian ini adalah (1) aktivitas siswa guru, (2) ketrampilan guru, dan (3) hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan melalui strategi pembelajaran PERSIK dapat meningkatkan aktufitas siswa, keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa. Prosentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 79,5%, siklus II sebesar 84,6% dan siklus III sebesar 100%. Dengan melihat data di atas maka strategi pembalajaran PERSIK dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran PERSIK dapat meningkatkan keterampilan guru, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan supaya guru hendaknya dapat mengggunakan strategi pembelajaran PERSIK untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, strategi PERSIK.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 03:58
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11778

Actions (login required)

View Item View Item