Upaya meningkatkan kemampuan Membaca Pemhaman Bacaan Bahasa Jawa Melalui Media Kartu Puzzle pada Siswa SD Kelas III.


Purwanto, 1402407077 (2011) Upaya meningkatkan kemampuan Membaca Pemhaman Bacaan Bahasa Jawa Melalui Media Kartu Puzzle pada Siswa SD Kelas III. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya meningkatkan kemampuan Membaca Pemhaman Bacaan Bahasa Jawa Melalui Media Kartu Puzzle pada Siswa SD Kelas III.]
Preview
PDF (Upaya meningkatkan kemampuan Membaca Pemhaman Bacaan Bahasa Jawa Melalui Media Kartu Puzzle pada Siswa SD Kelas III.) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal yang dilaksanakan menunjukan bahwa guru masih kurang tepat dalam menerapkan metode pembelajaran dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 44% dengan KKM 60. Melalui pemanfaatan media kartu Puzzle diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Media kartu Puzzle memiliki beberapa keunggulan yaitu menarik perhatian siswa, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak bosan serta siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar. Tujuan penelitian kali ini adalah; (1) meningkatkan keterampilan guru kelas III SDN Kalisegoro dalam kegiatan pembelajaran membaca pemahaman teks bahsa Jawa; (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas III SDN Kalisegoro dalam dalam kegiatan pembelajaran membaca pemahaman teks bahsa Jawa; meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Jawa siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN Kalisegoro, Desa Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III sebanyak 25 siswa. Variable penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) kemampuan membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan melalui pemanfaatan media kartu Puzzle dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Prosentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 84%. Dengan melihat data di atas maka disarankan media kartu Puzzle dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media kartu Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru; pemanfaatan media kartu Puzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa; pemanfaatan media kartu Puzzle dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Oleh karena itu, disarankan supaya guru hendaknya dapat mengggunakan media kartu Puzzle untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas, dan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Media Kartu Puzzle Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 03:49
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item View Item