Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 02 Kota Semarang

Agustin Nur.Baiti, 1402407061 (2011) Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 02 Kota Semarang) - Published Version
Download (72Kb)

    Abstract

    Pembelajaran IPS yang ada di SD N Gunungpati 02 Kota Semarang, guru masih menggunakan metode konvensional, keadaan siswa yang kurang aktiv dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut yang menyebabkan materi yang disampaikan oleh guru kurang terserap dengan baik oleh siswa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang rendah. Pembelajaran dengan penerapan model pembelajran Role Playing adalah upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Apakah dengan model pembelajaran role playing, dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS?, (2) Apakah model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD N Gunungpati 02 dalam pmbelajaran IPS?, (3) Apakah dengan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajara IPS ?. Penelitian ini bertujuan: (1)Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelaran role playing di SD N Gunungpati 02, (2)Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran role playing, (3)Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N Gunungpati 02 Kota Semarang pada pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Gunungpati 02 Kota Semarang berjumlah 24 siswa yang terdiri 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Keterampilan guru siklus I dengan persentase 72,5% dalam kategori baik, siklus II dengan persentase 80% dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 90% dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I dengan persentase 66% dalam kategori baik, siklus II dengan persentase 75% dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 87% dalam kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 64,16% (13 dari 24 siswa mencapai KKM) dalam kategori cukup, siklus II dengan persentase 70,83% (17 dari 24 siswa mencapai KKM) dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 78,12% (21 dari 24 siswa mencapai KKM) dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran-saran yang dapat disampaikan, guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS dapat menerapkan model pembelajaran Role Playing karena model pembelajran ini lebih mengaktifkan siswa dan membuat siswa mendapatkan pengalaman langsung, sehingga pembelajaran lebih bermakna.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, Kualitas Pembelajaran IPS.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 May 2012 23:44
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item