Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Bangun Ruang Siswa kelas V SD Negeri Kaligangsa Kulon 01,Brebes.

M. Taofik.Himawan, 1402407051 (2011) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Bangun Ruang Siswa kelas V SD Negeri Kaligangsa Kulon 01,Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Bangun Ruang Siswa kelas V SD Negeri Kaligangsa Kulon 01,Brebes.) - Published Version
Download (77Kb)

    Abstract

    Metode pembelajaran pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar memiliki hubungan logis dengan aktifitas guru. Penggunaan metode cukup berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Selain itu penggunaan metode dalam pembelajaran harus dapat memberikan interaksi kepada siswa untuk dapat mengembangkan sikap kerjasama. Karena masih banyak ditemukan pembelajaran yang menggunakan pendekatan individual yang menekankan pada kemampuan individu. Namun tidak sedikit juga guru yang menerapkan pembelajaran dengan metode kelompok yang bersumber pada kemampuan siswa untuk bekerjasama dengan siswa lain walaupun belum maksimal. Pembelajaran yang dapat memberikan kontribusi kepada siswa untuk mengembangkan sikap kerjasama adalah pembelajaran kooperatif. Di dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa metode atau teknik pembelajaraan antara lain STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas V SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VA SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 sebagai kelas STAD (eksperimen), siswa kelas VB SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 sebagai kelas konvensional (kontrol). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari STAD sebagai variabel bebas dan aktivitas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes ,observasi dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS 17 uji u .Mann Whitney Diketahui nilai probabilitas pada kolom asimptotic significance dua sisi adalah 0,024. Pengambilan keputusan ditentukan dengan kriteria jika probabilitas > 0,05 maka H0 diterima dan jika probabilitas < 0,05 maka H0 ditolak. Dapat diketahui bahwa probabilitas sebesar 0,024 lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, dapat diputuskan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, kesimpulannya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu sebaiknya guru lebih kreatif dalam penentuan model pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: STAD, pembelajaran kooperatif, Aktivitas, Prestasi Belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 May 2012 21:54
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item