Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Kandri 02 Semarang Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning


Arianti, Silvia Devi., 1402407044 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Kandri 02 Semarang Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Kandri 02 Semarang Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Kandri 02 Semarang Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning) - Published Version
Download (124kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada bulan Juli s/d Agustus 2010, bahwa pembelajaran matematika belum optimal, karena guru hanya ceramah, pembelajaran berpusat pada guru, pembelajaran tidak menyenangkan, siswa menjadi pasif dan cepat bosan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasinya perlu ada solusi permasalahan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Kandri 02 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Kandri 02 semarang. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kandri 02 Semarang jumlah siswa 10 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I ada 4 siswa yang memperoleh kategori baik, siklus II ada 3 siswa dengan kategori sangat baik, siklus III ada 4 siswa dengan kategori sangat baik, 2) Siklus I perolehan skor keterampilan mengajar guru adalah 21 dengan kategori cukup, siklus II perolehan skor meningkat menjadi 25 dengan kategori cukup. Pada siklus III perolehan skor adalah 31 dengan kategori baik. 3) Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 6% (6 dari 10 siswa) dengan nilai rata-rata kelas adalah 50. Pada siklus II meningkat menjadi 70% (7 dari 10 siswa) dengan nilai rata-rata kelas adalah 66. Pada siklus III meningkat menjadi 90% (9 dari 10 siswa) dengan nilai rata-rata kelas adalah 74. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, PBL (Problem Based Learning)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 01:49
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item