Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Bilangan Bulat di SD Negeri Sindangheula 03 Banjarharja Brebes.


Rustim, 1401909118 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Bilangan Bulat di SD Negeri Sindangheula 03 Banjarharja Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Bilangan Bulat di SD Negeri Sindangheula 03 Banjarharja Brebes.]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Bilangan Bulat di SD Negeri Sindangheula 03 Banjarharja Brebes.) - Published Version
Download (75kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V pada materi Bilangan Bulat di SD Negeri Sindangheula 03 Tahun Ajaran 2011/2012 masih rendah atau di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga pembelajarannya berlangsung satu arah dan memberi kesan matematika pelajaran yang membosankan. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada materi Bilangan Bulat, rendah. Selain itu, karakteristik matematika yang bersifat abstrak dan siswa yang mempelajari matematika masih berada pada tahap berpikir konkret, di mana siswa SD berada pada perbaikan dalam kemampuan berpikir logis. Berdasarkan uraian di atas, peneliti berupaya meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada materi Bilangan Bulat di SD Negeri Sindangheula 03 Banjarharja Brebes dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas V SD Negeri Sindangheula 03 Banjarharja Brebes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan rerata nilai kelas ≥ 63 dan tuntas belajar klasikal 75%. Aktivitas belajar siswa mencapai indikator yang ditetapkan serta performansi guru B. Hasil penelitian pada siklus I, menunjukkan rerata nilai hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 59,85, kemudian siklus II meningkat menjadi 77,05. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I mencapai 64,70% dan siklus II mencapai 88,23%. Selain itu, juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu dari persentase cukup 58,74% pada siklus I, meningkat dengan kriteria baik mencapai 77,20% pada siklus II. Hasil pengamatan terhadap guru saat pembelajaran juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rerata nilai APKG I dan APKG II pada siklus I mencapai 75,63 (B) meningkat pada siklus II dengan rerata nilai APKG I dan APKG II mencapai 80,11 (B). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru kelas V pada materi Bilangan Bulat di SD Negeri Sindangheula 03 Banjarharja Brebes Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, aktivitas, dan hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 00:54
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11762

Actions (login required)

View Item View Item