Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tratemulyo Weleri Kabupaten Kendal


Muhammad Haris, 1401909082 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tratemulyo Weleri Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tratemulyo Weleri Kabupaten Kendal]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tratemulyo Weleri Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (91kB) | Preview

Abstract

Hakikat IPS adalah telaah tentang manusia dan dunianya. Manusia sebagai makhluk sosial selalu hidup bersama dengan sesamanya. Dalam kehidupannya, manusia harus menghadapi tantangan-tantangan yang berasal dari lingkungan maupun sebagai hidup bersama. Dengan kata lain bahan kajian IPS adalah manusia dan lingkungannya. Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Tratemulyo menunjukkan bahwa masih banyak permasalahan dalam pembelajaran. Guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, kurangnya contoh nyata dari guru dalam pembelajaran karena dalam penggunaan media kurang optimal sehingga mengakibatkan kurang konsentrasi, antusias dan merasa cepat bosan saat pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit dapat meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, dan hasil belajar IPS Kelas IV SDN 1 Tratemulyo Kecamatan Weleri?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS menggunakan Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit pada siswa kelas IV SDN 1 Tratemulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflekdi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Tratemulyo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, non tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru menggunakan Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit meningkat. Siklus I mendapat persentase 63% kategori cukup, siklus II meningkat dengan persentase 78% kategori baik, siklus III meningkat dengaN persentase 88% kategori sangat baik. (2) aktvitas siswa meningkat pada siklus I dengan skor 248, nilai rata-rata 11,8, persentase 59% kategori cukup, siklus II meningkat dengan skor 309, nilai rata-rata 14,71, persentase 74% kategori baik, siklus III meningkat 361, nilai rata-rata 17,19, persentase 86% kategori sangat baik. (3) hasil belajar siswa meningkat pada siklus I 52% kategori kurang dengan nilai rata-rata 66,90, siklus II meningkat 71% kategori baik, dengan nilai rata-rata 73,10, siklus III meningkat 90% kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata 79,29. Kesimpulan dari penelitian ini melalui strategi pembelajaran melalui model PAKEM dengan media benda konkrit dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran yang diajukan peneliti adalah, Pembelajaran IPS melalui Model PAKEM dengan Media Benda Konkrit sebaiknya digunakan sebagai acuan setiap pembelajaran IPS karena pembelajaran lebih kreatif, aktif, efektf dan menyenangkan bagi siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna. Guru dapat menerapakan pembelajaran IPS melalui model PAKEM dengan media benda konkrit pada mata pelajaran lain, karena model pembelajaran model PAKEM dengan media benda konkrit dapat meningkatkan Kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model PAKEM, Media Benda Konkrit,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 00:48
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11760

Actions (login required)

View Item View Item