Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Tanggungsari Ketanggungan Brebes.

Agus Wijayanto, 1401909055 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Tanggungsari Ketanggungan Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Tanggungsari Ketanggungan Brebes.) - Published Version
Download (93Kb)

    Abstract

    Hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Tanggungsari masih relatif rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran Matematika. Siswa enggan bertanya kepada guru meskipun belum memahami materi yang diajarkan sehingga materi pelajaran tidak dikuasai sepenuhnya. Selama ini guru bertindak sebagai satu-satunya sumber belajar. Sehingga siswa hanya menerima informasi siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dalam menerapkan, memproses dan mengembangkan konsep matematika sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar pada kelas IV SD Tanggungsari? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru pada pembelajaran matematika materi bangun datar pada kelas IV SD N Tanggungsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanggungsari, Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik tes, nontes dan observasi, analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,44 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 76,66. Peningkatan hasil belajar ini diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa. Data hasil aktivitas siswa siklus I 62,96% kemudian naik pada siklus II menjadi 75,92% Siswa menjadi semakin aktif dalam pembelajaran serta aktif dalam kegiatan kelompok. Begitu juga dengan performansi guru, performansi guru pada siklus I mendapat nilai 69,38 pada siklus II naik menjadi 80. Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah (1) Penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Tanggungsari, (2) Penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasl belajar siswa, (3) Penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan performansi guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu penulis menyarankan untuk menjadikan model pembelajaran ini sebagai alternatif dalam pembelajaran Matematika terutama pada materi bangun datar di kelas 3 SD.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Matematika.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 May 2012 20:35
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:27

    Actions (login required)

    View Item