Peningkatan Interaksi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Kalisidi 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.

Okto. Susiyantoro, 1401909010 (2012) Peningkatan Interaksi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Kalisidi 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Interaksi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Kalisidi 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.) - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Pada hakekatnya pembelajaran IPS bertujuan untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat, dan negara. Berdasarkan observasi awal pembelajaran IPS di SD belum obtimal. Disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa masih belajar secara individu sehingga hasil belajar rerata kelas V masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ketumtasan klasikal 43,75%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan interaksi pembelajaran, ketrampilan guru, hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD N Kalisidi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, interaksi pembelajaran, dan hasil belajar melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kalisidi 02. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang terdiri atas dua siklus, dan masing-masing siklus dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Kalisidi 02. Metode penggumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan guru pada siklus I pertemuan 2 mendapat skor 20,persentase 62,50%, kategori baik. siklus II pertemuan 2 mendapat skor 26, presentase 81.3%, kategori sangat baik. Interaksi pembelajaran siklus I pertemuan 2 mendapat skor 45, persentase 66,20% rata-rata 2,6 dengan kategori baik. Interaksi pembelajaran pada siklus II pertemuan ke 2 mendapat skor 56, persentase 82,4% rata-rata 3,3 kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siklus I pertemuan ke 2 yang mengalami ketuntasan sebanyak 68,75% atau 11 siswa sedangkan yang belum tuntas 31,25% atau 5 siswa. Pada siklus II pada pertemuan 2 yang tuntas sebanyak 81,25% atau 13 siswa dan 18,75% atau 3 siswa belum tuntas. Tetapi telah memenuhi indikator keberhasilan. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru, interaksi pembelajaran, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kalisidi 02. Saran dalam penelitian ini, guru dapat memanfaatkan inovasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw agar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil pembelajaran dapat meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Interaksi Pembelajaran, kooperatif tipe Jigsaw.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 05 May 2012 00:19
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:26

    Actions (login required)

    View Item