Upaya Mengatasi Self Disclosure Rendah pada Siswa yang Orang Tuanya BrokenHome melalui Konseling Individual menggunakan Pendekatan Trait and Factor di SMP N 1 Ungaran (Pada Kasus Enam Orang Siswa)


Yulia Nur Anggraeni, 1301407030 (2012) Upaya Mengatasi Self Disclosure Rendah pada Siswa yang Orang Tuanya BrokenHome melalui Konseling Individual menggunakan Pendekatan Trait and Factor di SMP N 1 Ungaran (Pada Kasus Enam Orang Siswa). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Mengatasi Self Disclosure Rendah pada Siswa yang Orang Tuanya BrokenHome melalui Konseling Individual menggunakan Pendekatan Trait and Factor di SMP N 1 Ungaran (Pada Kasus Enam Orang Siswa)]
Preview
PDF (Upaya Mengatasi Self Disclosure Rendah pada Siswa yang Orang Tuanya BrokenHome melalui Konseling Individual menggunakan Pendekatan Trait and Factor di SMP N 1 Ungaran (Pada Kasus Enam Orang Siswa)) - Published Version
Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan apakah self disclosure rendah pada siswa yang orang tuanya brokenhome dapat teratasi melalui konseling individual menggunakan pendekatan trait and factor di SMP N 1 Ungaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan one group pretest posttest. Uji coba skala self disclosure telah dilakukan kepada siswa dimana sebelumnya dilakukan kajian dalam proses bimbingan skala self disclosure. Dari uji coba terdapat beberapa item yang tidak valid yaitu sejumlah 20 item dan sejumlah 72 item dinyatakan reliabel. Self disclosure pada siswa yang orang tuanya brokenhome dapat teratasi setelah diberikan konseling individual menggunakan pendekatan trait and factor di SMP N 1 Ungaran, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis skala self disclosure setelah pemberian treatment yang menunjukkan adanya peningkatan skor yang mana sebelum treatment sebesar 655 atau 52,48% termasuk dalam kategori rendah, dan setelah treatment menunjukkan skor 827 atau 66.26% termasuk dalam kategori tinggi, terdapat peningkatan skor sebanyak 157 atau 13.76%. hasil perhitungan uji wilcoxon sebelum dan setelah mendapatkan treatment yang diperoleh adalah z hitung = 2,20 > z tabel = 0 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian maka Ha diterima dan dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan self disclosure pada siswa yang orang tuanya brokenhome sesudah diberikan konseling individual menggunakan pendekatan trait and factor di SMP N 1 Ungaran. Gambaran sebelum treatment siswa cenderung berbagi informasi yang umum kepada orang lain di sekitarnya, setelah diberikan treatment siswa merasa bahwa mengungkapkan tentang apa yang terjadi pada dirinya dapat mengurangi beban yang dirasakan dipikul sendiri sebelumnya. Untuk perbaikan dan penelitian selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah agar guru dapat mendampingi siswa yang membutuhkan perhatian lebih seperti siswa yang orang tuanya broken home dengan menggunakan pendekatan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: self disclosure, konseling individual menggunakan pendekatan trait and factor
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2012 06:46
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11736

Actions (login required)

View Item View Item