Upaya Meningkatkan Perilaku Berbudi Pekerti Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2011/2012


Dhita Pramaria Maulana, 1301406015 (2012) Upaya Meningkatkan Perilaku Berbudi Pekerti Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Perilaku Berbudi Pekerti Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Perilaku Berbudi Pekerti Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (12kB) | Preview

Abstract

Fenomena pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2011/2012 menunjukkan kurangnya perilaku berbudi pekerti siswa, yaitu kurang religius, kurang memiliki kejujuran, kurang mandiri, kurang bertanggung jawab, kurang memiliki daya juang, tidak bersosial dengan baik, dan kurang menghargai lingkungan. Upaya yang dilakukan untuk membantu pemecahan permasalahan tersebut adalah dengan memberikan layanan bimbingan kelompok. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah perilaku berbudi pekerti siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ungaran tahun ajaran 2011/2012 meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan hipotesis bahwa perilaku berbudi pekerti siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ungaran tahun ajaran 2011/2011 meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 1 Ungaran tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 15 siswa. Alat Pengumpulan data menggunakan skala perilaku berbudi pekerti yang diberikan sebelum (pre test) dan sesudah pemberian perlakuan (post test). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik nonparametrik yaitu dengan uji Wilcoxon dan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku berbudi pekerti siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kriteria rendah dengan prosentase rata-rata sebesar 57,02% dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kriteria tinggi dengan prosentase rata-rata sebesar 69,32%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,3%. Melalui hasil uji Wilcoxon diperoleh Zhitung = 3,409 > Ztabel = 1,96 sehingga Ho ditolak dan hasil ini membuktikan bahwa perilaku berbudi pekerti siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Simpulan penelitian ini adalah perilaku berbudi pekerti siswa kelas VIII E SMP N 1 Ungaran tahun ajaran 2011/2012 meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru Bimbingan dan Konseling di sekolah dapat melaksanakan bimbingan kelompok dengan sebaik-baiknya guna membantu meningkatkan perilaku berbudi pekerti siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku berbudi pekerti dan layanan bimbingan kelompok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2012 06:16
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item