Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Kreatif Oleh Guru PAUD Permata Internusa Semarang


Nicky Agustina, 1201407036 (2011) Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Kreatif Oleh Guru PAUD Permata Internusa Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Kreatif Oleh Guru PAUD Permata Internusa Semarang.]
Preview
PDF (Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Kreatif Oleh Guru PAUD Permata Internusa Semarang.) - Published Version
Download (13kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran oleh guru secara kreatif dalam proses pembelajaran akan sangat strategis terutama agar proses pembelajaran itu menarik dan menyenangkan. Salah satu cara pemanfaatan media pembelajaran melalui adalah melalui cerita bergambar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kreatifitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran melalui buku cerita bergambar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru pada kelompok B PAUD Permata Internusa Semarang sebanyak 3 orang. Adapun jumlah anak didik kelompok B PAUD Permata Internusa Semarang adalah 19 anak. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengungkap data kreatifitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Observasi digunakan untuk mengamati proses berlangsung pemanfaatan media sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengungkap data jumlah peserta didik dan latar belakangnya. Untuk menjamin pemantapan dan kebenaran data dilakukan triangulasi data. selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreatifitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran melalui cerita bergambar ternyata (1) ada peningkatan kreativitas anak, yakni kreativitas sebelum menggunakan buku cerita bergambar hanya 2 anak yang menunjukkan kreativitasnya, peningkatan kreativitas tahap pertama kreativitas yang menonjol 6 anak, sedangkan peningkatan kreativitas tahap kedua mencapai 10 anak dan peningkatan kreativitas tahap ketiga mencapai 16 anak . Indikator peningkatan kreativitas anak dapat dilihat dari reaksi kreatif, rentang perhatian yang panjang, pengorganisasian diri/kepercayaan diri, mengkaitkan ide atau gagasan/bercerita, pengembangan imajinasi dan penambahan kosakata baru. (2) Penerapan media pembelajaran secara kreatif oleh guru melalui pemberian waktu dan membuat lingkaran kecil dengan cara mengeksplor kemampuan diri dan pemberian rewads very good dalam proses pembelajaran juga dapat meningkatkan anak lebih kreatif.. Simpulan dari penelitian ini adalah kreatifitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran melalui cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas anak. Berdasarkan hal tersebut disarankan: Kepala sekolah dan guru dalam pembelajaran hendaknya sesuai dengan konteks kehidupan anak, agar anak lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kreativitas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2012 06:04
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11729

Actions (login required)

View Item View Item