Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Pemanfaatan CD Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VII MTs. NU Nurul Huda Semarang Tahun Ajaran 2011/2012.

Nurrul Fajar, 1102407020 (2012) Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Pemanfaatan CD Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VII MTs. NU Nurul Huda Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Pemanfaatan CD Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VII MTs. NU Nurul Huda Semarang Tahun Ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal mata pelajaran TIK kelas VII di MTs. NU Nurul Huda Semarang, kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, hasil belajar masih di bawah KKM yaitu 64,00 (KKM 71,00), kurang efisiennya jam pelajaran serta kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh siswa tentang mata pelajaran TIK di jenjang pendidikan sebelumnya. Hal ini karena mayoritas mereka berasal dari Sekolah Dasar yang belum diterapkan pembelajaran TIK. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar efektivitas pemanfaatan CD pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas VII di MTs. NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian ini, dengan digunakannya media CD Pembelajaran sebagai sarana pembelajaran di sekolah dan salah satu penunjang untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih menarik. Bagi guru dapat dijadikan sebagai salah satu media yang dapat mempermudah guru dalam kegiatan belajar mengajar sehingga menunjang pencapaian hasil belajar yang optimal serta peningkatan kualitas sekolah yang bersangkutan. Manfaat media pendidikan: (1) Meletakkan dasar-dasar yang kongkret untuk berfikir, (2) memperbesar perhatian siswa, (3) Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, (4) Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri, (5) mengatasi jarak dan waktu dalam belajar. Sehingga dengan adanya media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD Pembelajaran, dapat memvisualisasi materi pembelajaran sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pemanfaatan CD pembelajaran terhadap prestasi belajar dan aktifitas siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Produk CD Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini hanya untuk dimanfaatkan sebagai media atau alat bantu pembelajaran dan bukan untuk dievaluasi produknya. Rata-rata akhir nilai evaluasi kelas yaitu 77,81. Disimpulkan hasil belajar TIK dengan media CD Pembelajaran TIK sudah berhasil karena telah memenuhi indikator keberhasilan dan mencapai target nilai rata-rata kelas yaitu 71,00. Dari hasil tersebut ada

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Aktifitas Belajar, Hasil Belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Media CD Pembelajaran.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 May 2012 22:40
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:26

    Actions (login required)

    View Item