Keefektifan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Pemebelajaran Interaktif terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mts NU Nurul Huda Kota Semarang

Ahmad Afriyanto, 1102407012 (2012) Keefektifan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Pemebelajaran Interaktif terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mts NU Nurul Huda Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Pemebelajaran Interaktif terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mts NU Nurul Huda Kota Semarang) - Published Version
Download (180Kb)

    Abstract

    Pembelajaran bahasa Arab di sekolah-sekolah selama ini menunjukan hasil yang kurang baik, ditunjukan dengan rendahnya prestasi hasil belajar siswa. Hal ini juga terjadi di MTs NU Nurul Huda antara lain disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang efektif dan kurangnya penggunaan media, salah satu terobosan adalah media pembelajaran dengan CD Multimedia Pemebelajaran Interaktif merupakan salah satu solusi untuk mengurangi masalah yang dihadapi siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas siswa, melalui Multimedia Pemebelajaran Interaktif. Desain yang digunakan adalah Control Group Post Test. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VII yaitu VIIC dan VIID, pada kelas eksperimen yaitu kelas VIIE diterapkan pembelajaran dengan CD Multimedia Pemebelajaran Interaktif, sedangkan pada kelas control yaitu kelas VIIC diterapkan pembelajaran konvensional dengan ceramah. Data yang diperoleh adalah nilai post test, yang diperoleh dengan menggunakan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan t-test dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata tes evaluasi penguasaan bahasa Arab pokok bahasan almadrosatu setelah pembelajaran selesai yaitu kelas eksperimen sebesar 7.15, sedangkan kelas kontrol sebesar 6.50. Untuk hasil dari perhitungan dengan uji perbedaan rata-rata dua pihak dari nilai tes evaluasi diperoleh thitung= 2,236 sedangkan ttabel = 1,697 Untuk α = 5% dan dk = (38+38-2) = 74 diperoleh t(0,95)(74) = 1,67. Karena thitung t (0,95)(74) maka H0 ditolak, hal ini berarti ada perbedaan kualitas belajar secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa nilai rata-rata tes evaluasi penguasaan bahasa arab pokok bahasan almadrosatu peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas control, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan CD Multimedia Pemebelajaran Interaktif lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan ceramah. Disarankan sebagai bahan pertimbangan Guru, hendaknya dalam pembelajaran khususnya bahasa Arab kelas VII pokok bahasan almadrosatu menggunakan media pembelajaran bahasa Arab program macromedia authorware, sehingga pembelajaran lebih optimal dan siswa mendapatkan nilai yang diharapkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Multimedia Pemebelajaran Interaktif, prestasi belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 May 2012 04:29
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:26

    Actions (login required)

    View Item