Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran TIK Tingkat SMPLB Pada Pendidikan Anak Tunagrahita di SLB Negeri Ungaran

Sa’adatul Athiyah , 1102406004 (2011) Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran TIK Tingkat SMPLB Pada Pendidikan Anak Tunagrahita di SLB Negeri Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran TIK Tingkat SMPLB Pada Pendidikan Anak Tunagrahita di SLB Negeri Ungaran) - Published Version
Download (42Kb)

    Abstract

    Implementasi kurikulum terhadap anak Tuna Grahita pada Mata pelajaran TIK pada dasarnya merupakan serangkaian cara untuk mengetahui anak tersebut dalam proses belajar mengajar, mengingat keterbatasan yang mereka sandang. Melalui penerapan kurikulum mata pelajaran TIK diharapkan mampu mengembangkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan anak Tuna Grahita, sehingga pada akhirnya anak Tuna Grahita dapat dengan mudah menerima pelajaran, termasuk memudahkan proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran TIK. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kurikulum yang di gunakan untuk anak Tuna Grahita pada mata pelajaran TIK tingkat SMPLB di SLB Negeri Ungaran. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum mata pelajaran TIK pada anak Tuna Grahita tingkat SMPLB di SLB Negeri Ungaran. 3) Untuk mengetahui upaya dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran kurikulum mata pelajaran TIK pada anak Tuna Grahita tingkat SMPLB di SLB Negeri Ungaran. Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Ungaran dengan mengambil informan sebanyak 8 (delapan) orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, 3 guru mata pelajaran, dan 3 siswasiswi tunagrahita SLB Negeri Ungaran. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan antara lain penelitian pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sesuai dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah dilakukan peneliti, yaitu dengan dilakukan pemeriksaan keabsahan data yang menggunakan teknik triangulasi akhirnya peneliti memperoleh gambaran bahwa implementasi kurikulum mata pelajaran TIK pada pendidikan anak tunagrahita tingkat SMPLB di SLB Negeri Ungaran telah terlaksana dengan baik, terbukti bahwa anak tunagrahita telah mampu menjelaskan apa yang mereka pelajari ketika ada dalam atau di luar kelas. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak yang terkait dalam instansi sekolah seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru mata pelajaran, dan siswa-siswi tunagrahita untuk selalu meningkatkan implementasi kurikulum yang sudah baik agar menjadi lebih optimal dan sempurna sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum TIK pada Anak Tunagrahita
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 May 2012 02:10
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:25

    Actions (login required)

    View Item