Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman melalui Metode Quantum Teaching dengan Media Puzzle pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Selojari Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012.


Nurul Huda , 2101405509 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman melalui Metode Quantum Teaching dengan Media Puzzle pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Selojari Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman melalui Metode Quantum Teaching dengan Media Puzzle pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Selojari Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman melalui Metode Quantum Teaching dengan Media Puzzle pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Selojari Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (308kB) | Preview

Abstract

ii ii SARI Huda, Nurul. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman melalui Metode Quantum Teaching dengan Media Puzzle pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Selojari Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1: Drs. Wagiran, M. Hum. Pembimbing II : Imam Baehaqie, S.Pd., M.Hum. Kata kunci : keterampilan menulis, karangan, pengalaman, metode quantum teaching, dan media puzzle. Pengembangan keterampilan siswa dalam menulis karangan berdasarkan pengalaman pada jenjang SD mendapat perhatian khusus dengan adanya KD untuk kelas V yaitu menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. Melalui ide-ide dan perasaan dalam bentuk karangan dengan bimbingan guru. Pada siswa kelas V SD masih rendah. Banyak siswa yang belum mampu menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis yang baik. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Selojari 1. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang variatif sehingga tidak menumbuhkan minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran menulis karangan. Peneliti memberikan solusi dengan menerapkan metode quantum teaching dengan media puzzle. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan siswa kelas V SD Negeri Selojari 1 kecamatan Klambu tahun ajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan metode quantum teaching melalui media puzzle dan perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri Selojari 1 kecamatan Klambu tahun ajaran 2011/2012 dalam mengikuti pembelajaran menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan metode quantum teaching melalui media puzzle. Penelitian ini merupakan PTK dengan dua siklus.Berdasarkan hasil analisis tes dapat diketahui bahwa keteampilan menulis karangan berdasarkan pengalaman siswa kelas V SD Negeri Selojari 1 kecamatan Klambu setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan metode quantum teaching melalui media puzzle terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes menulis karangan berdasarkan pengalaman berdasarkan pengalaman pada prasiklus menunjukan nilai rata-rata sebesar 55,50, siklus I menunjukan nilai rata-rata 64,33, dan pada siklus II menunjukan nilai rata-rata sebesar 77, 34. Dari hasil tersebut dapat diketahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis dari prasiklus ke siklus I sebesar 8,83 poin atau 15,90% dan siklus I ke siklus II sebesar 13,01 poin atau 20,36%. Perilaku kelas V SD Negeri Selojari 1 kecamatan Klambu setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan dengan menggunakan metode quantum teaching melalui media puzzle mengalami perubahan kearah yang lebih positif. Perubahan-perubahan tingkah laku siswa ini dapat dibuktikan dari hasil nontes yang berupa observasi, jurnal guru, angket siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil data nontes pada siklus I masih tampak tingkah laku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II tingkah laku negatif siswa semakin berkurang dan tingkah laku positif siswa semakin bertambah. Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat disimpulkan peneliti antara lain, guru kelas dapat menerapkan strategi pembelajaran sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan strategi tersebut telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan berdasarkan penglaman. Selain itu, metode pembelajaran ini juga membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik karena siswa diajak untuk berpikir kreatif, selain itu, lingkungan yang mendukung dan proses pembelajaran yang menyenangkan dan menggairahkan juga dapat menciptakan serta meningkatkan motivasi siswa untuk belajar sehingga keluhan-keluhan seperti bosan, jenuh, kurang bergairah, dan tidak menarik yang selama ini sering didengungkan dari siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dapat teratasi melalui metode ini. Penerapan metode quantum teaching melalui media puzzle diharapkan (1) mampu membuat proses pembelajaran bahasa khusunya pada aspek keterampilan menulis menjadi lebih efektif, (2) siswa hendaknya bisa memenfaatkan kegiatan koreksi bersama dan kegiatan membacakan hasil kerja di depan kelas agar melatih siswa berani mendemonstrasikan hasil kerja di depan teman-teman serta membuat siswa lebih kreatif, (3) para peneliti yang menekuni bidang penelitian bahasa Indonesia kiranya dapat melakukan penelitian-penelitian pengembangan yang lebih lanjut mengenai keterampilan memulis karangan. Upaya-upaya peningkatan keterampilan siswa khususnya keterampilan menulis, akan menambah wawasan dan pengetahuan serta akan membantu guru untuk memecahkan hambatan-hambatan yang seringkali muncul dalam proses pembelajaran bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan, pengalaman, metode quantum teaching, dan media puzzle.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 05:40
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11705

Actions (login required)

View Item View Item