Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Animasi Slideshow (Primary Gambar Bergerak) pada Siswa Kelas X Animasi SMK Muhamadiyah I Semarang.


Juan Daru Nugraha , 2101405069 (2010) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Animasi Slideshow (Primary Gambar Bergerak) pada Siswa Kelas X Animasi SMK Muhamadiyah I Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Animasi Slideshow (Primary Gambar Bergerak) pada Siswa Kelas X Animasi SMK Muhamadiyah I Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Animasi Slideshow (Primary Gambar Bergerak) pada Siswa Kelas X Animasi SMK Muhamadiyah I Semarang.) - Published Version
Download (378kB) | Preview

Abstract

Menulis wacana narasi merupakan suatu sarana terbaik untuk mengembangkan keterampilan menggunakan bahasa. Oleh karena itu, pengembangan kemampuan menulis wacana narasi perlu mendapat perhatian yang serius sejak tingkat pendidikan dasar. Sebagai aspek kemampuan berbahasa, keterampilan menulis wacana narasi dapat dikuasai oleh orang-orang yang memiliki kemauan keras. Hal itu berbeda dengan kemampuan menyimak dan berbicara. Kedua kemampuan itu dapat diperoleh secara alamiah. Kemampuan menulis dapat diperoleh jika dipelajari dan dilatihkan dengan sungguh-sungguh. Hambatan yang biasanya muncul dalam pembelajaran menulis karangan narasi adalah siswa mengalami kesulitan menuangkan ide dalam bentuk tulisan, menuangkan ide cerita dan mengembangkan, kehabisan bahan, serta kesulitan dalam memilih kata dan menyusun kalimat. Selain itu ada juga masalah lain yang muncul dalam pembelajaran menulis karangan narasi yaitu guru dalam menggunakan media pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Selama ini dalam pembelajaran menulis karangan narasi metode yang digunakan oleh guru masih konvensional dan kurang bervariasi. Ceramah menjadi pilihan utama dalam setiap pembelajaran sehingga terkesan monoton. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran tersebut. Selain itu, pembelajaran tidak didukung dengan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Berdasarkan uraian tersebut, hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas X A SMK Muhammadyah I Semarang akan meningkat dan terjadi perubahan perilaku yang positif jika pembelajaran menggunakan media animasi slideshow. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam menulis karangan narasi, hendaknya guru memberikan alternatif media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi yaitu media animasi slideshow. Media animasi slideshow merupakan media gambar berseri yang dimunculkan dengan bantuan komputer dan proyektor LCD. Media gambar berseri tersebut merupakan bagian dari rangkaian cerita yang telah disusun guru dan ditampilkan satu persatu sesuai dengan urutannya. Berdasarkan analisis data penelitian, keterampilan menulis karangan narasi siswa dari siklus I sampai aiklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata klasikal menulis karangan narasi siswa sebesar 66,2. Pada siklus II diperoleh iii iii hasil rata-rata kelas sebesar 85,6, jadi peningkatan yang terjadi dari hasil tes menulis karangan narasi dengan menggunakan media animasi slideshow siklus I sampai siklus II sebesar 19,4 atau 29,30%. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini diikuti dengan peningkatan rata-rata skor pada tiap aspek penelitian. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi juga diikuti dengan perubahan perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II siswa semakin antusias mengikuti pembelajaran, karena siswa semakin senang mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media animasi slideshow. Kemudian dari hasil penelitian tersebut disarankan agar (1) para guru Bahasa dan Sastra Indonesia dapat menggunakan media animasi slideshow dalam membelajarkan keterampilan menulis karangan narasi dengan karena media ini mempunyai keunggulan dibanding media lain, yaitu pembelajaran berlangsung menyenangkan dan tidak membosankan karena menampilkan animasi slideshow yang jarang digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Selain itu siswa dapat mengembangkan setting dan penokohan dengan melihat langsung suatu kejadian secara langsung berdasarkan media gambar animasi slideshow, (2) para peneliti dapat melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk mengembangkan khasanah ilmu bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan narasi, media animasi slideshow.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 05:36
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item