Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas VA SD Negeri Tambakaji 05 Semarang.


Winarni Titis Budianti , NIM 1402407019 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas VA SD Negeri Tambakaji 05 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas VA SD Negeri Tambakaji 05 Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas VA SD Negeri Tambakaji 05 Semarang.) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas VA SD Negeri Tambakaji 05 Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas VA SD Negeri Tambakaji 05 Semarang.) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelajaran bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Salah satu komponen bahasa adalah keterampilan membaca pemahaman. Membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca dalam rangka memahami seluruh unsur yang terdapat dalam bacaan baik dari segi struktur maupun isi. Oleh karena itu, keterampilan membaca pemahaman sangat penting untuk dikuasai. Namun, pada kenyataannya, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VA SD Negeri Tambakaji 05 Kota Semarang masih rendah. 58,33% siswa mendapat nilai dibawah KKM saat evaluasi pembelajaran membaca pemahaman. Hal ini dikarenakan pembelajaran kurang menarik dan metode yang digunakan guru kurang inovatif sehingga mengakibatkan siswa kurang memahami isi bacaan. Maka, digunakanlah metode SQ3R, yaitu metode untuk memahami bacaan serta membantu mengingat agar lebih tahan lama melalui lima langkah kegiatan yaitu Survei, Question, Read, Recite, dan Review. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) apakah metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran membaca pemahaman? (2) apakah metode SQ3R dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman? (3) apakah metode SQ3R dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca pemahaman? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran membaca pemahaman melalui metode SQ3R; (2) meningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman melalui metode SQ3R; (3) meningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca pemahaman melalui metode SQ3R. Penelitian ini terdiri dari II siklus dengan 2 pertemuan tiap siklusnya yang masing- masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi,dan revisi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN Tambakaji 05 tahun ajaran 2011/2012. Siswa kelas VA terdiri dari 24 siswa, 10 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki.Sedangkan variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru; (2) aktivitas siswa; dan (3) prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode SQ3R pada siswa kelas VA meliputi peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran membaca pemahaman. Terbukti dengan peningkatan skor pada keterampilan guru sebesar 6,5 dari skor 25 pada siklus I menjadi 31,5 pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat sebesar 5,81 dari skor 21,71 pada siklus I menjadi 27,52 pada siklus ke II. Hasil belajar membaca pemahaman dengan metode SQ3R meningkat sebesar 27,08% dari 58,34% pada siklus I menjadi 85,42% pada siklus II. Disarankan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman, maka perlu mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman, Metode SQ3R, SD.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2012 03:51
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11684

Actions (login required)

View Item View Item